28.2 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Paus Fransiskus: Gereja Membutuhkan Pengusaha yang Berbulu Domba

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus saat bertemu para pengusaha asal Perancis di Vatikan. IST

    VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus pada hari Jumat menerima audiensi sekelompok pengusaha Prancis. Dia berbicara kepada mereka tentang bagaimana menerapkan nilai-nilai Injil dalam bisnis mereka.

    Paus Fransiskus “mendapati sangat indah dan berani bahwa, di dunia saat ini yang sering ditandai dengan individualisme, ketidakpedulian dan bahkan marginalisasi dari orang-orang yang paling rentan, beberapa pengusaha dan pemimpin bisnis memiliki hati untuk melayani semua, bukan hanya kepentingan individu atau dibatasi lingkaran”.

    Dia membuat pernyataan itu kepada delegasi sekitar 90 pria dan wanita bisnis Prancis yang berada di Roma untuk berziarah dengan tema kebaikan bersama. Untuk membantu mereka dalam tantangan kebaikan bersama, dia berbicara kepada mereka tentang dua pasang konsep berdasarkan nilai-nilai Injil: ideal dan realitas, dan otoritas dan pelayanan. Konsep-konsep ini tampaknya selalu dalam ketegangan, tetapi orang Kristen, dengan bantuan rahmat, dapat menyatukan mereka dalam hidupnya.

    Paus menunjukkan bahwa seorang Kristen sering mengalami ‘benturan’ antara cita-cita yang dia impikan dan kenyataan yang dia temui. Sama seperti Perawan Maria, yang harus melahirkan Putra Allah dalam kemiskinan kandang, Paus mengatakan “ada bentrokan yang menyakitkan antara harapan dan kenyataan”.

    “Mencari kebaikan bersama adalah masalah yang menjadi perhatian Anda, sebuah cita-cita, dalam konteks tanggung jawab profesional Anda,” kata Paus kepada kelompok itu.

    Paus menjelaskan, pengusaha harus menerima kewajiban-kewajiban yang dibebankan oleh sistem ekonomi dan keuangan yang ada saat ini, yang sering kali mengolok-olok prinsip-prinsip evangelis tentang keadilan sosial dan kasih. Kadang-kadang tugas mereka membebani mereka dan hati nurani mereka mengalami konflik ketika cita-cita keadilan dan kebaikan bersama yang ingin mereka capai belum terwujud, dan kenyataan pahit muncul dengan sendirinya sebagai “kekurangan, kemunduran, penyesalan, kejutan”.

    Situasi ini perlu diatasi dengan iman agar mereka dapat bertekun dan tidak putus asa. Dia memberi mereka contoh Maria, yang dalam menghadapi “skandal palungan”, tidak putus asa dan tidak memberontak, tetapi bereaksi dengan “menjaga dan merenungkan” di dalam hatinya, menunjukkan iman dewasa, yang diperkuat dengan percobaan.

    Berkenaan dengan “otoritas dan pelayanan”, Paus Fransiskus menawarkan kepada para pengusaha Yesus Gembala yang Baik sebagai model. Yesus “tahu bagaimana pergi di depan kawanan untuk menunjukkan jalan, tahu bagaimana tinggal di antara mereka untuk melihat apa yang terjadi di sana, dan tahu bagaimana tetap di belakang, untuk memastikan tidak ada yang kehilangan kontak”.

    Paus “sering mendesak para imam dan uskup untuk memiliki ‘bau domba’, untuk membenamkan diri dalam realitas orang-orang yang dipercayakan kepada mereka, untuk mengenal mereka, untuk menjadi dekat dengan mereka”.

    “Nasihat ini juga berlaku untuk Anda,” kata Paus Fransiskus.

    Gereja memerlukan pengusaha yang berbulu dan berbau domba. Ia mendorong mereka untuk dekat dengan orang-orang yang bekerja dengan mereka di semua tingkatan, untuk menaruh minat pada kehidupan mereka, untuk menyadari tidak hanya kesulitan, penderitaan, kecemasan mereka, tetapi juga tentang mereka. kegembiraan, rencana dan harapan.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI