Buen Pastor

PEKAN PASKAH IV (P)

Hari Minggu Panggilan
Santo Anisetus; Santa Klara Gambacorta OP;
Beato Baptista Spagnoli

Bacaan I: Kis .13:14.43-52

Mazmur: 100:2.3.5; R:3c

Bacaan II: Why. 7:9.14b-17

Bacaan Injil: Yoh. 10:27-30

Pada suatu hari Yesus berkata kepada orang-orang Farisi: ”Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku, dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku. Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapa pun, dan seorang pun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa. Aku dan Bapa adalah satu.”

Renungan

Lukisan Yesus Gembala Baik selalu meninggalkan kesan mendalam. Di sana tampak kasih Tuhan kepada manusia, kawanan domba-Nya. Domba adalah ternak yang paling lemah. Mereka sangat bergantung pada gembala. Itulah mengapa sangat penting memiliki seorang gembala yang akan memperhatikan, mencari yang sesat, membalut yang luka, melindungi yang sakit, merawat yang kuat dan membimbing mereka ke padang rumput yang segar (bdk. Yeh. 34:11-16).

Hari ini kita diajak untuk berdoa bagi para gembala umat yang diserahi kuasa untuk mengajar, membina dan melindungi kawanan domba-Nya (bdk. Yoh. 21:15). Mereka tidak luput dari kelemahan manusiawi. Semoga mereka makin setia dan mampu meneladani Yesus, Sang Gembala Baik, khususnya melalui kesaksian hidupnya (bdk. seluruh Kisah Para Rasul).

Kita pun berdoa bagi diri sendiri, karena melalui baptis kita ambil bagian dalam tugas pokok Kristus sebagai Imam-Nabi-Raja (Gembala). Semoga kita semakin membuka diri, budi, hati dan telinga bagi Sabda Tuhan. Karena percuma saja kita mengakui Yesus sebagai Gembala, jika hati, pikiran, dan tindak-tanduk kita jauh berbeda dengan perilaku-Nya sebagai Gembala Baik.

Ya Tuhan, baringkanlah aku di padang rumput hijau dan bimbinglah aku ke air yang tenang. Oleh karena nama-Mu, tuntunlah aku di jalan yang benar. Amin.

 

Tinggalkan Pesan