26.3 C
Jakarta
Thursday, April 25, 2024

Vatikan mengenang ulang tahun ke-50 kematian Martin Luther King Jr

BERITA LAIN

More

    cq5dam.thumbnail.cropped.1000.563 (5)

    Pada peringatan 50 tahun pembunuhan Dr Martin Luther King Jr, 4 April 2018, perwakilan Vatikan untuk PBB mengatakan Paus Fransiskus dan Dr King sama-sama yakin akan pentingnya anti-kekerasan dan akan kebutuhan solidaritas global.

    Pendeta Baptis dari Amerika yang merupakan aktivis hak-hak sipil itu dibunuh di Memphis, Tennessee, tahun 1968, saat memerangi kemiskinan dan rasisme. Saat sedang berbicara dengan teman-teman di balkon Motel Lorraine Motel, tanggal 4 April 1968, sebuah peluru membunuhnya.

    Menyusul kematian Dr King, Paus Paulus VI dalam sambutan Angelus di Lapangan Santo Petrus mengungkapkan dukacitanya atas pembunuhan “seorang nabi Kristen untuk integrasi rasial.”

    Paus Fransiskus, dalam pidato di depan Kongres AS, 24 September 2015, mengatakan bahwa mimpi Martin Luther King Jr terus menginspirasi orang-orang Kristen di seluruh dunia.

    Duta Vatikan dan Pengamat Tetap Tahta Suci untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa di Jenewa Uskup Agung Ivan Jurkovič berbicara dengan Alessandro Gisotti dari Vatican News tentang kesamaan antara Dr King dan Paus Fransiskus.

    Kedua pria itu, kata Mgr Jurkovič, sama-sama memfokuskan pentingnya non-kekerasan dan kebutuhan akan solidaritas global. “Setiap perkembangan manusia hanya dapat dicapai melalui anti-kekerasan. Kekerasan merupakan masalah baru dan perpecahan baru.”

    Mengenai perlunya solidaritas, Mgr Jurkovič mengatakan bahwa Gereja percaya, dan Martin Luther King Jr percaya, bahwa “kita semua milik satu keluarga manusia dan kita harus mengatasi setiap perpecahan, terutama yang didasarkan pada perbedaan ras atau sosial.”

    “Persepsi adalah bahwa Paus Fransiskus adalah salah satu dari sedikit orang yang benar-benar, secara konsisten membela hak asasi manusia … Berjuang untuk perdamaian,” kata Uskup Agung Jurkovič seraya menambahkan bahwa persepsi itu, “harus menjadi paradigma global pembangunan politik.”(paul c pati berdasarkan Vatican News)

    Martin Luther King melambaikan tangan kepada pendukung dalam  "March on Washington" tahun 1963
    Martin Luther King melambaikan tangan kepada pendukung dalam “March on Washington” tahun 1963
    Paus Paulus VI dan Martin Luther King
    Paus Paulus VI dan Martin Luther King
    Memorial Martin Luther King
    Memorial Martin Luther King

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI