Kardinal Tagle

Kardinal Luis Antonio Tagle dari Manila, Filipina, telah terpilih sebagai presiden baru Caritas Internationalis. Ia dinominasikan dalam Sidang Umum ke-20 konfederasi itu yang berlangsung di Roma, demikian laporan Radio Vatikan tanggal 15 Mei 2015.

Setelah terpilih, Kardinal Tagle berbicara melalui telepon kepada para delegasi dari lebih dari 130 organisasi anggota dari seluruh dunia. “Buona sera a tutti!” kata kardinal itu. “Terima kasih atas kepercayaan kalian. Kapasitas saya terbatas, tetapi bersama kalian semua, dengan cinta yang Yesus tuangkan ke dalam hati kita dan atas nama semua orang miskin di dunia, saya menerima pemilihan ini.”

Kardinal itu menambahkan,  “mari kita bersama-sama memperkuat Gereja kaum miskin sehingga kesaksian kita bisa ikut membantu membimbing kita menuju dunia pemahaman, keadilan, kebebasan sejati dan perdamaian.”

Kardinal Tagle adalah Presiden Caritas Internationalis pertama yang dipilih dari Asia. Kardinal itu mendapatkan ucapan selamat dari presiden yang akan meninggalkan jabatannya, Oscar Rodriguez Maradiaga.

Alexander Bodmann dari Austria terpilih juga sebagai Bendahara Caritas Internationalis yang baru.

Sidang Umum Caritas Internationalis berlangsung dari tanggal 12 hingga 17 Mei 2017. (pcp berdasarkan Radio Vatikan)

Tinggalkan Pesan