Orang-banyak-mencari-Yesus

PEKAN PASKAH III (P)
Santo Teodorus Trichinas; Santa Oda

Bacaan I: Kis. 6:8-15

Mazmur: 119:23-24.26-27.29-30; R: 1b

Bacaan Injil: Yoh. 6:22-29

Pada keesokan harinya orang banyak, yang masih tinggal di seberang, melihat bahwa di situ tidak ada perahu selain dari pada yang satu tadi dan bahwa Yesus tidak turut naik ke perahu itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya, dan bahwa murid-murid-Nya saja yang berangkat. Tetapi sementara itu beberapa perahu lain datang dari Tiberias dekat ke tempat mereka makan roti, sesudah Tuhan mengucapkan syukur atasnya. Ketika orang banyak melihat, bahwa Yesus tidak ada di situ dan murid-murid-Nya juga tidak, mereka naik ke perahu-perahu itu lalu berangkat ke Kapernaum untuk mencari Yesus. Ketika orang banyak menemukan Yesus di seberang laut itu, mereka berkata kepada-Nya: ”Rabi, bilamana Engkau tiba di sini?” Yesus menjawab mereka: ”Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah makan roti itu dan kamu kenyang. Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu; sebab Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya.” Lalu kata mereka kepada-Nya: ”Apakah yang harus kami perbuat, supaya kami mengerjakan pekerjaan yang dikehendaki Allah?” Jawab Yesus kepada mereka: ”Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah, yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang telah diutus Allah.”

Renungan

Seorang uskup agung pernah menulis demikian: ”Kerinduan terdalam dari hati setiap orang beriman adalah bersatu dengan Tuhan Allahnya.” Setiap manusia bekerja dan berusaha hidup dengan sebaik-baiknya supaya berkenan kepada Allah dan akhirnya nanti bisa bersatu dengan-Nya.

Hari ini Yesus bersabda: ”Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu; sebab Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya” (Yoh. 6:27). Yesus bersabda demikian karena orang-orang hanya mencari Dia setelah mereka kenyang makan roti yang diberikan oleh Yesus. Lalu mereka bertanya: ”Apa yang harus kami perbuat supaya kami mengerjakan pekerjaan yang dikehendaki Allah?” (ay. 28). Jawab Yesus: ”Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah, yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang telah diutus Allah”(ay. 29).

Sebagai seorang Kristiani, kita bisa bersatu dengan Allah kalau kita percaya kepada Yesus, Putra-Nya, yang telah diutus datang ke dunia. Yesus datang menjumpai kita, mengajar kita, dan menuntun kita supaya kita berjalan dengan selamat sampai ke rumah Bapa.

Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah jalan, kebenaran, dan kehidupanku. Aku mau senantiasa berjalan bersama-Mu, karena di dalam Engkau aku menemukan kehidupan dan keselamatan. Amin.

 

Tinggalkan Pesan