Santo Claudius de la Colombiere

PEKAN BIASA VI (H)

Santo Klaudius de la Colombiere; Santo Sigfidus

Bacaan I: Im. 13:1-2.44-46

Mazmur: 32:1-2.5.11;R:7

Bacan Injil: Mrk. 1:40-45

Seorang yang sakit kusta datang kepada Yesus, dan sambil berlutut di hadapan-Nya ia memohon bantuan-Nya, katanya: “Kalau Engkau mau, Engkau dapat mentahirkan aku.” Maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata kepadanya: “Aku mau, jadilah engkau tahir.” Seketika itu juga lenyaplah penyakit kusta orang itu, dan ia menjadi tahir. Segera Ia menyuruh orang itu pergi dengan peringatan keras: “Ingatlah, janganlah engkau memberitahukan apa-apa tentang hal ini kepada siapapun, tetapi pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah untuk pentahiranmu persembahan, yang diperintahkan oleh Musa, sebagai bukti bagi mereka.” Tetapi orang itu pergi memberitakan peristiwa itu dan menyebarkannya kemana-mana, sehingga Yesus tidak dapat lagi terang-terangan masuk ke dalam kota. Ia tinggal di luar di tempat-tempat yang sepi; namun orang terus juga datang kepada-Nya dari segala penjuru.

Renungan

Ibu Yulia belum pernah melihat ara penderita kusta. Ketika ada kegiatan sosial parokinya dia ikut serta dalam rombongan untuk mengunjungi panti rehabilitasi penderita kusta. Ketika melihat bagaimana buruknya kondisi orang-orang kusta di panti itu barulah dia mengerti mengapa penyakit ini sangat menjadi momok yang menakutkan bagi orang Yahudi.

Kedatangan Yesus Kristus di tengah bangsa Israel, sungguh-sungguh membawa rahmat pembebasan, secara khusus dalam Injil hari ini, bagi si kusta yang disembuhkan. Permintaannya ditanggapi dengan penuh belas kasih, Yesus menjamahnya dan berkata: “Aku mau jadilah engkau sembuh!” Tuhan Yesus selalu siap menolong, seburuk apapun keadaan kita.

Kita semua tanpa kecuali mungkin memiliki sakit kusta lahiriah dalam bentuk lain akibat berbagai penyakit rohani dan jasmani. Semua jenis penyakit ini pasti membuat kita menderita. Kita membutuhkan penyembuhan dan kita tahu kepada siapa kita harus mencari pertolongan!

Tuhan, bantulah aku untuk mencari pertolongan yang tepat atas penderitaanku. Amin

Tinggalkan Pesan