Home BERITA TERKINI Para Uskup AS Mengambil Langkah Pertama untuk Proses Penggelaran Kudus Adele Brise

Para Uskup AS Mengambil Langkah Pertama untuk Proses Penggelaran Kudus Adele Brise

0
Adele Brise. CNA

NEW YORK, Pena Katolik – Para uskup Katolik Amerika pada hari Jumat melakukan pemungutan suara untuk memulai proses resmi menyatakan Adele Brise sebagai orang suci. Brise adalah seorang imigran dari Belgia yang tinggal di Wisconsin utara. Ia menyaksikan penampakan Maria pertama dan satu-satunya yang disetujui di Amerika Serikat pada tahun 1859.

Dalam pemungutan suara dengan suara bulat pada sidang umum musim semi yang diadakan di Louisville, Kentucky, para uskup memberikan persetujuan mereka untuk memajukan tujuan beatifikasi dan kanonisasi Brise di tingkat lokal.

Pada tahun 2022, Vatikan memberikan persetujuan resmi terhadap penampakan yang disaksikan Brise. Vatikan mengakui Nasional Shrine Our Lady of Champion, Wisconsin, sebagai situs penampakan yang disetujui.

Uskup Green Bay, Mgr. David Ricken menjadi pendukung utama penyelidikan formal terhadap penampakan tersebut. Ia mengatakan kepada CNA, bahwa jumlah peziarah yang melakukan perjalanan ke tempat suci tersebut telah meningkat dari 10.000 per tahun menjadi lebih dari 200.000 per tahun.

“Bunda Yang Terberkati memanggil umat untuk datang ke tempat suci untuk merasakan kedamaian di sana, kesederhanaan, dasar-dasar Injil, katekismus dipaparkan di sana,” kata Ricken.

Penampakan Maria di Zaman Modern

Pada 9 Oktober 1859, Brise melaporkan melihat penampakan Perawan Maria saat berjalan di hutan di Champion, Wisconsin. Saat itu, Brise berusia 28 tahun. Ia melihat seorang wanita berpakaian putih dan mengenakan mahkota bintang emas. Wanita itu memintanya untuk berdoa bagi pertobatan para pendosa dan mengajar anak-anak tentang iman.

Brise segera berangkat mengunjungi keluarga-keluarga dalam radius 50 mil dari rumahnya untuk membagikan Injil kepada mereka dan mengajari mereka katekismus. Mereka adalah imigran Belgia seperti dirinya, namun tidak seperti Brise, mereka telah kehilangan kepercayaan sejak datang ke Amerika.

“Ia adalah teladan bagi kami tentang apa artinya menjadi seorang katekis dan penginjil. Kisah hidupnya sangat relevan untuk kita hari ini,” kata Mgr. Ricken.

Sejak penampakan tersebut, Adele dengan penuh semangat melakukan perjalanan ke alam liar di timur laut Wisconsin. Di sana, ia mengajar anak-anak. Ia rela melakukan pekerjaan rumah tangga, dengan imbalan agar punya waktu untuk mengajar anak-anak.

Brise kemudian mengumpulkan wanita lain untuk membantunya menjalankan misinya dan mendirikan gedung sekolah dan biara. Ayah Brise membangun sebuah kapel di lokasi penampakan, yang akhirnya menjadi tempat suci Bunda Maria Penolong yang Baik.

Nama itu diambil dari kata-kata Bunda Maria kepada Brise: “Aku akan membantumu.”

Pesan Maria

Setelah Brise melaporkan melihat penampakan pertama, pastor parokinya menyarankan bahwa jika dia muncul lagi dia harus bertanya: “Demi nama Tuhan, siapa kamu dan apa yang kamu inginkan dari saya?”

Dalam penampakan itu, Maria menatap dengan ramah Brise dan teman-temannya (yang tidak dapat melihatnya) dan berkata: “Berbahagialah mereka yang percaya tanpa melihat.”

Kemudian, sambil memandang ke arah Brise, Ratu Surga bertanya: “Apa yang kamu lakukan di sini dalam kemalasan sementara teman-temanmu bekerja di kebun anggur Putraku?”

“Apa lagi yang bisa saya lakukan, Nona?” Brise bertanya sambil menangis.

“Kumpulkan anak-anak di alam liar ini dan ajari mereka apa yang harus mereka ketahui untuk keselamatan.”

“Tetapi bagaimana saya harus mengajar mereka, yang saya sendiri hanya tahu sedikit?” kata Brise.

“Ajari mereka katekismus,” jawab wanita berbaju putih itu. “Cara memberi tanda salib pada diri mereka sendiri, dan cara menyambut sakramen; itulah yang saya ingin Anda lakukan. Pergi dan jangan takut apa pun; Saya akan membantumu.”

Dalam pidatonya kepada para uskup, Mgr. Ricken membagikan kesaksian orang-orang yang mengatakan, bahwa mereka telah menerima kesembuhan berkat perantaraan Brise.

Calon beatifikasi dan kanonisasi biasanya memerlukan dua mukjizat yang dikaitkan dengan perantaraan mereka, serta bukti bahwa mereka suci dan berbudi luhur.

Sejauh ini ada dua kisah penyembuhan yang menonjol. Pertama seorang wanita bernama Sharon, yang ketika dirawat di rumah sakit karena depresi melihat sebuah penglihatan tentang seorang wanita yang dia yakini sebagai Brise yang memberinya keinginan untuk menjalani kehidupan iman yang penuh sukacita.

Orang kedua yang memberikan kesaksian, seorang pria bernama John, didiagnosis pada tahun 2018 menderita kanker kolorektal, yang telah menyebar ke paru-parunya. Dia menerima apa yang dia yakini sebagai kesembuhan ajaib setelah dia berdoa memohon perantaraan Brise. Pada Januari 2022, John dinyatakan sembuh. (AES)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version