28 C
Jakarta
Tuesday, April 30, 2024

Lukisan Beato Fra Angelico yang “Dihidupkan” lagi

BERITA LAIN

More
    Proses pembuatan film karya Armondo Linus Acosta. IST

    FLORANCE, Pena Katolik – Beato Fra Angelico adalah seniman besar dan orang kudus dalam Gereja Katolik. Salah satu karyanya, “Communion: The Living Tableau” menjadi karya besar yang mengingatkan setiap orang pada “Perjamuan Kudus”. Karya ini kembali “dihidupkan” dalam sebuah  film karya Armondo Linus Acosta.

    Tepat pada Pesta Beato Fra Angelico, 18 Februari 2023 ini. Karya orang kudus itu dipamerkan lagi di di Biara San Marco (sekarang menjadi museum), biara tempat biarawan Dominikan itu tinggal selama hidupnya. Pameran ini sekaligus dibarengi dengan penampilan film karya Acosta.

    Acosta menciptakan kembali fresco Renaisans dengan narasi renungannya yang halus dan mendalam tentang Yesus memberikan Komuni kepada para Rasul. Karya film menjadi pengalaman yang hidup dan bernafas dari tema-tema ibadah, konsekrasi, dan sakramen yang mendalam.

    Sebagai seorang seniman dan pembuat film, Acosta telah menghabiskan seluruh hidupnya menjelajahi tema keindahan dan pengabdian. Beberapa lukisan suci ia abadikan dalam film di antaranya “The Last Supper: The Living Tableau”. Sebuah pembuatan ulang filmis yang indah dan teliti dari “The Last Supper” karya Leonardo da Vinci (1495 -1498).

    Beato Fra Angelico

    Selain menjadi karya master, yang diciptakan oleh para jenius pada masanya, karya da Vinci dan Fra Angelico berfokus pada tema sentral iman, persekutuan, dan keadaan mistik anugerah Yesus. Film, dengan durasi 10 menit ini tidak memiliki dialog.

    Dalam sebuah wawancara dengan Aleteia setelah konferensi pers, Maestro Acosta menjelaskan: “Saya menemukan diri saya di Museum San Marco di Florence dan di depan karya Fra Angelico. Saya sangat tersentuh oleh kesederhanaannya, dibandingkan dengan kemegahan seniman lain pada masa itu. Saya berpikir, ‘Ayo lakukan ini, mari kita buat lukisan dinding lagi dan mengubahnya menjadi kenyataan.’”

    Kehadiran Maria

    Pastor Fra Angelico adalah imam Benediktin yang semasa hidupnya tinggal di Florance. Ia dibeatifikasi dan kemudian dinobatkan sebagai santo pelindung seniman oleh Paus Yohanes Paulus II pada 3 Oktober 1982.

    Yang paling luar biasa dalam sejarah seni, dan dalam karya Fra Angelico, adalah kehadiran Bunda Maria dalam suasana persekutuan dengan para rasul. Di sini, Maria digambarkan sedang berlutut bersama para rasul.

    “Benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya dan memiliki nilai spiritual dan simbolis yang luar biasa adalah kehadiran Maria berlutut di ujung kiri, yang, dalam film Maestro Acosta, menjadi hidup dalam karakter kecantikan yang luar biasa dan benar-benar luar biasa, kepada siapa Yesus memberikan pandangan terakhirnya,” jelas Angelo Tartuferi, Direktur Museum San Marco.

    Karya seni digital Acosta menampilkan Maria yang secara historis disebut sebagai Ratu Para Rasul dan Ratu Para Martir. Ia benar-benar mampu mewujudkan kehadiran mistis dan fana, sosok yang ada dan tidak ada, dan bahkan mungkin tidak terlihat oleh para rasul “secara fisik.”

    Akibatnya, Maria tidak menerima Komuni, namun kasih dan rahmatnya yang ada di mana-mana, kehadiran spiritualnya, yang jelas dirasakan secara mendalam oleh para Rasul, dan Yesus, pada saat Komuni Pertama.

    “Saya pribadi menyukai konsep mampu menunjukkan sesuatu yang hidup dalam arti mistik, dalam arti devosional. Dengan cara ini Anda melihat mereka bergerak, mereka bernapas; Anda melihat hosti di jari Yesus dan itu sangat kuat. Kuat,” kata Acosta.

    Dua wahyu

    Sebelum mengakhiri wawancaranya dengan Aleteia, Acosta mengungkapkan dua hal: karya seni berikutnya adalah karya Michelangelo “La Pietà”. “Florence adalah rumah bagi dunia seni,” jelasnya. “Ada karya seni di mana-mana, tetapi tidak dalam kuantitas dan kualitas serta keindahan Florence.” Sebagai penutup ia mengatakan, “Saya telah memutuskan untuk mati di Italia.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI