28.3 C
Jakarta
Monday, April 29, 2024

Mengenal Vulgata, Kitab Suci Berbahasa Yunani Karya Santo Hieronimus

BERITA LAIN

More
    Santo Hieronimus. IST

    Pena Katolik – Terjemahan (revisi) Kitab Suci versi Vulgata secara signifikan merupakan karya Santo Hieronimus pada tahun 382. Ia  ditugaskan oleh Paus Damasus I untuk merevisi Injil Vetus Latina yang digunakan oleh Gereja Roma. Belakangan, atas inisiatifnya sendiri, Santo Hieronimus memperluas pekerjaan revisi dan terjemahan ini untuk memasukkan sebagian besar Alkitab.

    Belakangan, Vulgata menjadi semakin diadopsi sebagai teks Alkitab di dalam Gereja Barat (Gereja Katolik Roma). Selama berabad-abad berikutnya, revisi ini akhirnya lebih banyak digunakan melampaui Vetus Latina yang ditulis dalam bahasa latin.

    Vulgata akan menjadi versi Latin dari Alkitab yang diumumkan secara resmi digunakan oleh Gereja Katolik sebagai Vulgata Enamtin (1590), kemudian sebagai Vulgata Klemens (1592), dan kemudian sebagai Nova Vulgata (1979).

    Vulgata saat ini masih digunakan di Gereja Latin. Gereja Katolik menyetujui Vulgata sebagai Alkitab Latin resmi di Konsili Trente (1545-1563), meskipun tidak ada edisi resmi pada waktu itu. Vulgata edisi Clementine menjadi teks Alkitab standar Ritus Roma Gereja Katolik, dan tetap demikian sampai 1979 ketika Nova Vulgata diumumkan.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI