31 C
Jakarta
Sunday, April 28, 2024

Bisa Jadi, Fransiskus Menjadi Paus Pertama yang Mengunjungi Vietnam?

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus berjumpa dengan delegasi Vietnam di Vatikan. Vatican Media

    VATIKAN, Pena Katolik – Vietnam memiliki salah satu populasi Katolik terbesar di antara negara-negara yang belum pernah dikunjungi Paus. Menurut Menteri Luar Negeri Vatikan, Paus Fransiskus ingin mengunjungi negara Asia Tenggara tersebut.

    Paus Fransiskus menerima delegasi dari pemerintah Partai Komunis Vietnam di Vatikan pada 18 Januari. Uskup Agung Paul Gallagher, sekretaris hubungan antarnegara Vatikan, menggambarkan pertemuan tersebut “sangat positif,” menurut Reuters.

    Pertemuan tersebut terjadi di tengah memanasnya hubungan Vatikan-Vietnam setelah Vietnam setuju untuk mengizinkan Vatikan mengirimkan perwakilan resmi kepausan untuk tinggal di negara tersebut dan membuka kantor di Hanoi.

    Gallagher mengatakan menurutnya perjalanan kepausan ke Vietnam akan dilakukan tetapi menambahkan bahwa ada beberapa langkah lebih lanjut yang harus diambil sebelum hal itu dapat dilakukan.

    “Tetapi saya pikir Bapa Suci sangat ingin pergi dan tentunya komunitas Katolik di Vietnam sangat senang ingin Bapa Suci pergi. Saya pikir ini [perjalanan kepausan] akan mengirimkan pesan yang sangat baik ke wilayah tersebut,” katanya.

    Vietnam adalah rumah bagi sekitar 7 juta umat Katolik. Terdapat tambahan 700.000 umat Katolik Vietnam yang tinggal di Amerika Serikat saat ini, banyak di antaranya adalah pengungsi atau keturunan pengungsi yang melarikan diri dengan perahu selama Perang Vietnam.

    Bulan lalu, Paus Fransiskus menunjuk Uskup Agung Marek Zalewski, seorang diplomat Vatikan Polandia, sebagai perwakilan kepausan di Vietnam. Penunjukan Mgr. Zalewski merupakan langkah bersejarah menuju kemungkinan pembentukan hubungan diplomatik penuh. Vietnam memutuskan hubungan dengan Tahta Suci setelah pengambilalihan Saigon oleh komunis pada tahun 1975. Dengan penunjukan baru ini, Vietnam menjadi satu-satunya negara komunis di Asia yang memiliki utusan kepausan yang tinggal di negara tersebut.

    Uskup Agung Joseph Nguyen Nang, ketua Konferensi Waligereja Vietnam, menyebut penunjukan Mgr. Zalewski sebagai buah kemajuan” dari dialog selama 14 tahun melalui “Kelompok Kerja Bersama Vietnam-Vatikan. Mgr. Zalewski sebelumnya menjabat sebagai perwakilan kepausan nonresiden Tahta Suci untuk Vietnam ketika ia diangkat menjadi nuncio apostolik untuk Singapura pada tahun 2018.

    Gallagher menyampaikan bahwa ia mempunyai rencana untuk mengunjungi Vietnam pada bulan April dan Menteri Luar Negeri Vatikan Kardinal Pietro Parolin juga dapat melakukan perjalanan ke negara tersebut pada akhir tahun ini, yang akan menjadi kunjungan tingkat tinggi yang bersejarah.

    Gereja Katolik di Vietnam juga mengalami peningkatan jumlah panggilan religius dalam beberapa tahun terakhir. Negara ini memiliki 8.000 imam dan 41 uskup, menurut data pemerintah. Lebih dari 2.800 seminaris belajar menjadi imam di seluruh Vietnam pada tahun 2020, 100 kali lebih banyak dibandingkan di Irlandia.

    Lebih dari 20.000 umat Katolik Vietnam menghadiri Misa Sabtu lalu di Keuskupan Phan Thiet, menurut Asia News, untuk menandai pembukaan proses beatifikasi Monsignor Pierre Lambert de la Motte, seorang misionaris Perancis abad ke-17 yang merupakan uskup pertama dari Dang Trong, Vietnam. Pada bulan September 2023, delegasi yang terdiri dari 90 umat Katolik Vietnam dan tujuh uskup melakukan perjalanan ke Mongolia untuk menemui Paus Fransiskus selama kunjungan paus ke negara Asia tersebut.

    “Kami datang ke Mongolia untuk meminta Paus mengunjungi Vietnam,” kata Pastor Huynh The Vinh dari Keuskupan Phu Coung di Vietnam kepada CNA di Ulaanbaatar.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI