33 C
Jakarta
Thursday, May 2, 2024

Gereja Black Nazarene Quiapo, Manila, Filipina akan Diangkat Menjadi Tempat Ziarah Nasional

BERITA LAIN

More
    Prosesi Black Nazarene dari Quirino Grandstand ke Gereja Quiapo, Manila, Filipina. Pena Katolik

    MANILA, Pena Katolik – Filipina baru-baru ini menyaksikan kembalinya keadaan normal secara signifikan setelah tahun-tahun pandemi, dengan sekitar 6 juta umat Katolik berkumpul untuk mengikuti “Traslacion,” sebuah prosesi tahunan sepanjang 3,7 mil mengikuti patung bersejarah Yesus Kristus, yang dikenal sebagai “Black Nazarene.” Basilika kecil tempat patung tersebut berada akan secara resmi dinyatakan sebagai Tempat Ziarah Nasional pada akhir bulan ini.

    Minor Basilika Black Nazarene (Gereja Quiapo) terletak di ibu kota Filipina, Manila. Konferensi Waligereja Filipina (CBCP) menyetujui peningkatan status basilika tersebut menjadi Tempat Suci Nasional pada bulan Juli 2023. Pihak gereja baru mengeluarkan pengumuman resmi pada tanggal 14 Desember 2023, seperti diberitakan dalam UCANews.

    Basilika Kecil Black Nazarene akan menjadi Tempat Ziarah Nasional ke-29 di Filipina. Gelar tersebut, Tempat Ziarah Nasional Black Nazarene, akan secara resmi dianugerahkan dalam sebuah upacara pada tanggal 29 Januari 2024. Perayaan ini bertepatan dengan hari terakhir sidang pleno CBCP ke-127 di Pusat Pastoral Katolik Paus Pius XII di Manila.

    Black Nazarene

    Istilah “Black Nazarene” mengacu pada patung Yesus Kristus seukuran aslinya yang dibawa ke Filipina dari Meksiko pada tahun 1606. Patung tersebut terbuat dari kayu mesquite, yang semakin gelap seiring bertambahnya usia. Pada tahun 1620, sebuah persaudaraan didirikan untuk mengakui pengabdian kepada Black Nazarene. Lalu pada tahun 1767 jumlah pengikutnya telah bertambah begitu besar sehingga patung perlu dipindahkan.

    Patung ini adalah titik fokus dari “Traslacion” tahunan, sebuah prosesi melalui jalan-jalan Manila yang secara rutin menarik jutaan orang. Setelah bertahun-tahun dibatalkan karena pembatasan pandemi, prosesi tersebut kembali dilaksanakan pada tahun 2024. Prosesi ini akan menarik sekitar 6 juta umat Katolik, bahkan lebih mengingat tiga tahun tidak diadakan. Pada prosesi ini, umat berdoa di samping kendaraan hias yang bergambar Kristus yang berasal dari abad ke-17.

    Prosesi tahunan ini memberi penghormatan kepada patung Black Nazarene, mengikuti rute sepanjang 6,7 mil dari Quirino Grandstand ke Gereja Quiapo, tempat patung Black Nazarene disimpan selama berabad-abad.

    Meskipun bukan yang terlama yang pernah tercatat, jumlah kehadiran pada prosesi tersebut hampir sama dengan prosesi sebelumnya, pada tahun 2019. CNN melaporkan bahwa dibutuhkan waktu sekitar 15 jam bagi massa untuk berjalan di sepanjang rute. Prosesi pada tahun 2019 hanya memakan waktu satu jam lebih lama, namun rekor terjadi pada tahun 2012, ketika kerumunan besar membutuhkan waktu 22 jam untuk mencapai Gereja Quiapo. (AES)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI