34.3 C
Jakarta
Tuesday, April 30, 2024

Kardinal Suharyo: Untuk Kunjungan Paus ke Indonesia, Bimas Katolik dapat Berkoordinasi Dengan Nunsiatura Apostolik Indonesia

BERITA LAIN

More
    Dirjen Bimbingan Masyarakat Katolik Kementerian Agama Suparman mengunjungi kediaman Uskup Keuskupan Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo, di Katedral, Jakarta

    JAKARTA, Pena Katolik – Terkait rencana mengundang Paus Fransiskus ke Indonesia, Kardinal Ignatius Suharyo berpesan agar Kemenag segera berkoordinasi dengan Nunsiatura Apostolik untuk Indonesia agar mendapat kepastian.

    Hal ini disampaikan Kardinal Suharyo ketika menerima kunjungan Dirjen Bimas Katolik, Sumarman Sirait di Wisma Keuskupan Agung Jakarta, 14 Desember 2023. Suparman juga menyampaikan harapan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas terkait penyediaan kitab suci berhuruf braille bagi disabilitas tunanetra.

    Untuk urusan kedua ini, Kardinal Suharyo memberikan saran agar Ditjen Bimas Katolik segera melakukan koordinasi dengan Lembaga Alkitab Indonesia dan Lembaga Biblika Indonesia guna memastikan mekanisme pengadaan kitab suci braille bagi kaum disabilitas.

    Kardinal Suharyo juga menyambut baik rencana Dirjen Bimas Katolik untuk menguatkan pelayanan umat Katolik di daerah 3T, tertinggal, terdepan, dan terluar. Layanan umat di daerah 3T, menurut Kardinal sangat baik. Sebab, gereja Katolik di daerah-daerah masih membutuhkan banyak bantuan. Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) telah memulai melakukan aksi solidaritas untuk membantu keuskupan lain di daerah yang membutuhkan.

    ”Terima kasih jika Bimas Katolik ingin membantu,” ungkap Kardinal Suharyo.

    Kardinal juga menyampaikan terima kasih kepada Ditjen Bimas Katolik atas prakarsa terbentuknya Badan Amal Kasih Katolik (BAKKAT) sejak 2019. ”BAKKAT cukup membantu umat Katolik di saat sulit di masa Covid-19,” ungkap Kardinal.

    ”Kami mohon doa dari Bapak Kardinal agar kami mampu menjalankan amanah yang telah diberikan kepada kami untuk melayani masyarakat Katolik,” ungkap Suparman seraya memohon berkat Kardinal.

    Suparman menegaskan jabatan yang dirinya emban tidak menjadi kendala baginya untuk berkomunikasi dengan siapa pun.

    ”Pelayanan seperti inilah yang diharapkan dalam kepemimpinan kristiani dan semangat seperti ini harus menular ke semua pejabat,” pesan Kardinal Suharyo.

    Diretur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Katolik Suparman mengunjungi Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo di kediamannya di Katedral, Jakarta, Kamis, 14 Desember 2023. Hadir mendampingi, Sekretaris Ditjen Bimas Katolik Albertus Triyatmojo, Direktur Urusan Agama Katolik Aloma Sarumaha, dan Direktur Pendidikan Katolik Salman Habeahan.

    Kehadiran Dirjen dan rombongan disambut Kardinal Suharyo yang juga Uskup Keuskupan Agung Jakarta. Ini adalah kunjungan perdana setelah Suparman dilantik Menag Yaqut Cholil Qoumas sebagai Dirjen Bimas Katolik pada 4 Desember 2023. Suparman menegaskan jabatan yang dirinya emban tidak menjadi kendala baginya untuk berkomunikasi dengan siapa pun.

    “Siapa saja saya datangi (temui) yang penting koordinasi tetap dijalankan agar umat Katolik tetap terlayani dengan baik dan semua rencana dapat terlaksana,” ujar Suparman.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI