34.3 C
Jakarta
Tuesday, April 30, 2024

Kunjungan Kanonik Pertama, Uskup Agung Merauke ke Keuskupan Agats

BERITA LAIN

More
    Uskup Agung Merauke, Mgr Petrus Canisius Mandagi MSC melakukan kunjungan kanonik pertama ke Keuskupan Agats. IST

    AGATS, Pena Katolik – Uskup Agung Merauke, Mgr. Petrus Canisius Mandagi MSC melakukan kunjungan kanonik pertama di Keuskupan Agats, sejak mulai bertugas pada 11 November 2020 lalu. Pada kunjungan kanonik yang pertama itu, Uskup Agung Merauke didampingi Pj Gubernur Papua Selatan (PPS), Apolo Safanpo, Bupati Asmat Elisa Kambu dan sejumlah forkopimda. Selasa 19 Desember 2023.

    Mgr. Mandagi tiba di bandara Ewer dan melanjutkan perjalanan hingga pelabuhan Feri kota Agats langsung disambut meriah. Walau panas terik, umat dan masyarakat rela berdesak desakan demi melihat lebih dekat rombongan Uskup dan Gubernur PPS tersebut. Tiba di komplek Keuskupan Agats dengan menggunakan motor listrik, Uskup Mandagi langsung disambut senyum ramah Uskup Agats, Mgr. Aloysius Murwito OFM.

    Provinsi Gerejawi Merauke berpusat di Keuskupan Metropolit Merauke dengan empat Keuskupan Sufragan, yaitu Keuskupan Agats, Keuskupan Timika, Keuskupan Jayapura, dan Keuskupan Manokwari-Sorong. Dalam hal ini, seorang Uskup Agung yang memimpin sebuah Keuskupan Metropolit memiliki posisi lebih Istimewa. Sesuai ketentuan KHK 436, seorang Uskup Agung berwenang: menjaga agar iman dan disiplin gerejawi ditaati dengan seksama, dan melaporkan penyelewengan-penyelewengan, jika ada, kepada Paus; mengadakan visitasi kanonik, tetapi hal itu harus lebih dahulu mendapat persetujuan dari Takhta Apostolik

    Diketahui, Kunjungan atau visitasi Uskup Agung Merauke di Keuskupan Agats untuk sejumlah agenda. Salah satunya adalah tatap muka dan wawan hati bersama Para Pastor, Suster dan petugas pastoral awam.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI