27.1 C
Jakarta
Saturday, April 27, 2024

Biara Mater Ecclesiae Vatikan Menjadi Rumah Bagi Para Biarawati Kontemplatif

BERITA LAIN

More
    Biara Mater Ecclesiae di Vatikan. Vatican News

    VATIKAN, Pena Katolik –  Paus Fransiskus meminta komunitas biarawati Benediktin Argentina untuk tinggal di Biara Mater Ecclesiae Vatikan. Biara ini adalah tempat Paus Emeritus Benediktus XVI tinggal selama sekitar 10 tahun setelah pengunduran dirinya pada tahun 2013.

    Biara Mater Ecclesiae terletak di jantung Taman Vatikan yang merupakan “rumah” Paus Emeritus Benediktus XVI. Dengan adanya suster konteplatif, maka biara ini akan melanjutkan tujuan aslinya.

    Paus Fransiskus telah meminta agar gedung ini sekali lagi berfungsi sebagai tempat tinggal bagi ordo kontemplatif. Adanya biarawati konteplatif akan mendukung Bapa Suci dalam pelayanan sehari-harinya bagi seluruh Gereja, melalui pelayanan doa, adorasi, pujian, dan reparasi: kehadiran doa dalam keheningan dan kesunyian.

    Pernyataan yang dirilis Kantor Pers Takhta Suci pada Senin, 13 November 2023, menyebutkan Paus Fransiskus mengumumkan keputusan ini dalam surat tulisan tangan tertanggal 1 Oktober  2023. Paus telah memanggil para biarawati Ordo Benediktin di Biara Saint Scolastica di Victoria, provinsi Buenos Aires (Keuskupan San Isidro) di Argentina. Ordo ini dengan murah hati menerima undangan” Paus, kata pernyataan itu.

    Kediaman Paus Emeritus

    Dalam laporan singkatnya “Kehidupan Kontemplatif” tanggal 25 Maret 1994, St. Yohanes Paulus II secara kanonik mendirikan sebuah biara biarawati kontemplatif di Kota Vatikan, dengan gelar Mater Ecclesiae. Selanjutnya, Paus Emeritus Benediktus XVI telah menyatakan keinginannya untuk tinggal di sana setelah pengunduran dirinya yang bersejarah pada 11 Februari 2013. Ia menghabiskan tahun-tahun terakhir hidupnya di sana, dibantu oleh para kolaboratornya dan menemani Gereja dalam doa hingga kematiannya pada 31 Desember 2022.

    Biara tersebut, kini akan menyambut enam biarawati yang, menurut statuta, akan membentuk Komunitas Monastik dan akan mulai tinggal di biara pada awal Januari 2024. Paus Fransiskus juga telah memutuskan bahwa Negara Kota Vatikan akan bertanggung jawab atas segala urusan yang berkaitan dengan Biara Mater Ecclesiae.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI