Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Paus Fransiskus dan Patriark Yerusalem Berdoa untuk Perdamaian di Israel-Palestina, Setelah Israel Diserang Hamas

Personel militer dan petugas kesehatan Israel mengevakuasi warga yang menjadi korban serangan. TOS

YERUSALEM, Pena Katolik – Militan Hamas melakukan serangkaian serangan roket dan serangan terhadap instalasi militer Israel pada pagi hari tanggal 7 Oktober 2023. Serangan ini dimulai bertepatan dengan perayaan hari raya Yahudi Simchat Torah. Paus Fransiskus dan patriark Latin Yerusalem menyerukan perdamaian setelah Israel menyatakan “perang”.

Paus mengatakan pada akhir pidato publiknya pada hari Minggu bahwa dia mengikuti peristiwa kekerasan tersebut dengan ketakutan dan kesedihan. Ia mengeluarkan seruan untuk “tolong hentikan serangan senjata”.

Sementara Pemimpin Gereja Katolik di Yerusalem, Kardinal Pierbattista Pizzaballa, menyerukan de-eskalasi situasi dalam sebuah pernyataan pada 7 Oktober 2023.

“Pertumpahan darah yang terus berlanjut dan deklarasi perang mengingatkan kita sekali lagi akan kebutuhan mendesak untuk menemukan solusi jangka panjang dan komprehensif terhadap konflik Palestina-Israel di negara ini,” katanya.

Serangkaian serangan roket dan serangan terhadap Israel dari militan Hamas dilaporkan telah menewaskan ratusan orang dan melukai banyak orang antara Sabtu dan Minggu pagi. Serangan mendadak ini dimulai pada pagi hari tanggal 7 Oktober 2023.

Israel menanggapi serangan tersebut dengan melakukan serangan balik di Israel selatan dan melancarkan serangan udara di Gaza. Pejabat militer Israel Daniel Hagari mengatakan kepada wartawan pada Minggu pagi bahwa “ratusan teroris” telah terbunuh dalam pertempuran di Gaza dan Israel selatan, The Associated Press melaporkan. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan pada hari Sabtu bahwa Israel sedang “berperang.”

Paus Fransikus dan Patriark Yerusalem Kardinal Pierbattista Pizzaballa. NCRegister

Keprihatinan Paus

Dalam seruan di akhir pidato Angelusnya pada hari Minggu, 8 Oktober 2023, Paus Fransiskus mengatakan “terorisme dan perang tidak membawa solusi apa pun, hanya kematian dan penderitaan bagi banyak orang yang tidak bersalah. Perang adalah sebuah kegagalan. Dia mengatakan kedekatannya dengan keluarga para korban dan menyerukan doa, agar ada perdamaian di Israel dan Palestina.

Paus juga mengingatkan bahwa bulan Oktober didedikasikan untuk Rosario dan meminta umat Katolik untuk terus berdoa melalui perantaraan Maria “untuk anugerah perdamaian bagi banyak negara di dunia yang ditandai oleh perang dan konflik”.

Kardinal Pizzaballa, yang diangkat menjadi kardinal oleh Paus Fransiskus dalam sebuah konsistori pada 30 September, menyebut pecahnya kekerasan yang tiba-tiba di Israel dan Palestina sangat memprihatinkan karena perluasan dan intensitasnya.

“Terlalu banyak korban dan tragedi, yang harus dihadapi oleh warga Palestina dan keluarga Israel, akan menciptakan lebih banyak kebencian dan perpecahan, dan akan semakin menghancurkan perspektif stabilitas apa pun,” tambah sang patriark.

Patriarkat Latin Yerusalem juga mengumumkan bahwa, “karena keadaan saat ini” perayaan untuk menghormati masuknya Kardinal Pizzaballa ke dalam Dewan Kardinal telah dibatalkan hingga pemberitahuan lebih lanjut.

“Sebagai pemelihara iman Kristen, yang berakar kuat di Tanah Suci, kami berdiri dalam solidaritas dengan masyarakat di wilayah ini, yang menanggung dampak buruk dari perselisihan yang terus berlanjut,” kata pernyataan itu.

Para pemimpin Kristen di Tanah Suci mengutuk kekerasan yang menargetkan warga sipil, terlepas dari kebangsaan, etnis, atau keyakinan mereka. Mereka menyerukan semua pihak untuk segera menghentikan kekerasan.

“Iman kami, yang didasarkan pada ajaran Yesus Kristus, memaksa kami untuk mengadvokasi penghentian semua aktivitas kekerasan dan militer yang membahayakan warga sipil Palestina dan Israel.”

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini