32.1 C
Jakarta
Sunday, May 5, 2024

Uskup Nikaragua, Mgr. Rolando Álvarez yang Dipenjara, Dinominasikan Mendapat Penghargaan Hak Asasi Manusia Eropa

BERITA LAIN

More
    Mgr. Rolando Álvarez, Uskup Matagalpa, Nikaraya

    BELGIA, Pena Katolik – Parlemen Eropa mengumumkan nominasi Sakharov Prize 2023, yang memberikan penghargaan kepada individu dan organisasi yang sangat membela hak asasi manusia dan kebebasan. Salah satu calon tahun ini adalah Mgr. Rolando Álvarez, Uskup Matagalpa, Nikaragua. Ia dipenjarakan oleh kediktatoran Daniel Ortega dan dituduh sebagai “pengkhianat tanah air.”

    Nominasi tersebut disampaikan pada tanggal 20 September 2023 dalam pertemuan komite Urusan Luar Negeri dan Pembangunan bersama dengan Subkomite Hak Asasi Manusia. Pencalonan dilakukan oleh koalisi politik badan legislatif atau oleh setidaknya 40 anggota Parlemen Eropa (MEP). Sebanyak 43 anggota parlemen mendukung pencalonan Álvarez dan aktivis Nikaragua Vilma Núñez de Escorcia.

    Núñez telah memperjuangkan hak asasi manusia Nikaragua selama beberapa dekade. Meski dianiaya, dia tetap berada di negaranya. Mgr. Álvarez, Uskup Matagalpa, adalah salah satu kritikus paling keras terhadap rezim Presiden Daniel Ortega. Pada bulan Februari 2023, setelah menolak meninggalkan negara tersebut, dia dijatuhi hukuman 26 tahun penjara dan kewarganegaraannya dicabut.

    Nominasi lainnya termasuk pengusaha Elon Musk; Aktivis pendidikan Afghanistan Marzia Amiri, Parasto Hakim, dan Matiullah Wesa; dan Nino Lomjaria, mantan ombudsman rakyat Republik Georgia.

    Sejak tahun 1988, Sakharov Prize untuk Kebebasan Hati Nurani telah diberikan setiap tahun kepada individu dan kelompok yang berjuang membela hak asasi manusia dan kebebasan mendasar. Penghargaan bergengsi ini mencakup hadiah sebesar 50.000 euro (sekitar $53.000).

    Menurut situs Parlemen Uni Eropa, Andrei Sakharov, seorang fisikawan, dipandang di Uni Soviet “sebagai pembangkang subversif. Pada tahun 1970, ia mendirikan sebuah komite untuk membela hak asasi manusia dan korban pengadilan politik,” menjadi “salah satu kritikus rezim yang paling berani” dalam “perjuangan untuk hak-hak dasar.” Pada tahun 1980 dia ditangkap dan dipaksa tinggal di pengasingan internal.

    Pada 12 Oktober 2023, komite Luar Negeri dan Pembangunan akan mengadakan pertemuan gabungan untuk menentukan tiga finalis. Pada 19 Oktober 2023, presiden Parlemen dan para pemimpin koalisi politik akan menentukan pemenangnya. Upacara penghargaan akan berlangsung di Strasbourg, Prancis, pada 13 Desember.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI