29.5 C
Jakarta
Tuesday, April 30, 2024

Seorang Tukang Kayu Disabilitas Membuat Kursi Roda untuk Paus Fransiskus dari Potongan Kayu Sisa Kebakaran Katedral Notre Dame, Paris

BERITA LAIN

More
    Paul de Livron saat bertemu Paus Fransiskus dan menyerahkan replika rencana kursi roda yang akan dibuat untuk Paus Fransiskus. Dok.Paul de Livron

    PARIS, Pena Katolik – Dua bongkah kayu sisa kebakaran Katedral Notre Dame menjadi kursi roda yang dibuat untuk Paus Fransiskus.

    Karena sakit lutut, Paus Fransiskus tampil pertama kali di depan umum dengan menggunakan kursi roda pada 5 Mei 2022. Situasi ini tidak luput dari perhatian Paul de Livron, ia selama ini juga sehari-hari beraktivitas di atas kursi roda, setelah terjatuh di sungai di Marseille 10 tahun lalu, yang membuatnya lumpuh.

    Paul melihat kursi roda yang dipakai Paus Frasiskus, kursi rod aitu tidak indah dan tidak nyaman. Paus bahkan terlihat seperti orang tua di panti jompo.

    “Padahal dia adalah kepala Gereja Katolik, salah satu orang paling berpengaruh di dunia,” kata Paul.

    Di sinilah, Paul memutuskan membuat sebuah kursi roda untuk Paus. Dua bongkah kayu sisa kebakaran Katedral Notre Dame Paris dikirim kepadanya yang kemudian ia gunakan menjadi bahan dudukan kursi ini.

    Tidak sembarang orang bisa menjadi pemasok kursi untuk Paus. Paul telah menerima banyak bantuan dari para imam yang antusias dengan proyeknya. Yang pertama memperkenalkannya kepada Nuncio Apostolik untuk Prancis, Mgr. Celestino Migliore. Pertanyaannya adalah apakah Paus menghargai hadiah kejutan atau lebih baik memberitahunya lebih dahulu. Paul belajar bahwa lebih baik menyampaikan proyeknya kepada Paus. Ia kemudian pergi ke Roma dan, pada tanggal 3 Mei 2023.

    Setelah audiensi umum, yang dibawakan Kardinal Pietro Parolin, yang telah diberitahu tentang proyeknya, dia memberi tahu Paus Fransiskus. Kardinal Parolin mengatakan kepada Paus bahwa ada yang ingin membuat kursi roda untuk dipakai Paus di kantornya. Singkat cerita, pada saat itu, Paul mempresentasikan proyeknya kepada Paus Fransiskus dan menunjukkan kepadanya sebuah model. Dia memberinya model untuk mengilustrasikan proyek tersebut dan bertanya apakah dia tertarik.

    “Paus mengambil model itu di tangannya, memainkan roda tersebut selama beberapa saat seperti anak kecil, lalu tersenyum dan berkata: ‘Saya menerimanya’.”

    Dua bongkahan kayu dari Katedral Notre Dame yang digunakan untuk membuat kursi roda yang diperuntukkan bagi Paus. Paul de Livron.

    Kayu dari Notre Dame Paris

    Paul harus menghadapi beberapa tantangan untuk mewujudkan apa yang dia rencanakan. Begitu dia mempunyai ide untuk menawarkan kursi kepada Paus, dia berusaha untuk memberi makna pada kursi buatannya.

    Pertama, ia memasukkan kayu yang diselamatkan dari struktur langit-langit Katedral Notre Dame. Bukanlah tugas yang mudah untuk mendapatkan dua potong kayu hangus yang diambil dari api yang melanda Katedral Notre Dame pada tanggal 15 April 2019. Seorang imam di Paris menyuruh Paus mendekati Mgr. Laurent Ulrich.

    “Setelah percakapan satu jam, uskup agung mengatakan dia akan mencoba membantu saya, dan kemudian Jenderal Georgelin (yang bertanggung jawab atas rekonstruksi katedral hingga kematiannya yang tidak disengaja pada 18 Agustus 2023) menghubungi saya. Dia berhasil mendapatkan jumlah kayu yang dibutuhkan untuk membuat kedua sandaran tangan.”

    Dua potong balok hangus dari rangka Notre Dame Paris dipercayakan kepada Paul untuk membuat sandaran tangan kursi Paus. Bagi Paul, kedua potongan kayu ini “sezaman dengan masa Santo Fransiskus dari Assisi, yang di bawah perlindungannya Paus menempatkan masa kepausannya,” serta merupakan simbol ketahanan.

    “Dari material lama yang sudah tidak dapat digunakan lagi, kita mengekstraksi elemen penting untuk peralatan medis jenis baru,” jelasnya.

    Simbol perdamaian dan Roh Kudus

    Kedua, pertanyaan yang sudah lama mengganggu Paul adalah bagaimana cara mendekorasi pijakan kaki. Dia memutuskan untuk memilih seekor merpati, untuk mendukung Paus dalam misinya untuk mempromosikan perdamaian antar bangsa. Belum lagi kayu lapis birch yang digunakan untuk kursi itu sebagian diproduksi di Rusia, dan sebagian lagi di Ukraina. Merpati, lambang Roh Kudus, digambarkan oleh Paul dengan lingkaran tujuh sinar yang melambangkan tujuh karunia Roh Kudus dan cakrawala.

    Ketiga, Paul berencana untuk memasukkan ke dalam kursi tersebut, di samping daftar aspek simbolis dari proyek tersebut, sebuah relik Beato Carlo Acutis, yang dipercayakan kepadanya pada bulan Mei lalu di Assisi setelah pertemuannya dengan Paus. Bagi Paulus, Beato Carlo adalah sosok muda yang saleh, “seorang kutu buku seperti dirinya,” yang meninggalkan jejaknya dalam cara ia mempersembahkan seluruh penderitaannya bagi Paus dan Gereja.

    Nunsio Apostolik Perancis Mgr Celestino Migliore datang menemui Paul dan menguji kursi yang diperuntukkan bagi Paus, Pada hari Kamis tanggal 14 September 2023. Paul de Livron.

    Kursi roda dengan kekuatan super

    Karena kecelakaan yang dialaminya, Paul harus merelakan cita-citanya menjadi insinyur kehutanan. Namun, ia tidak kehilangan kecintaannya terhadap kayu maupun ketangkasan. Nyatanya, ia memiliki keahlian, pada bulan Maret 2022, dia mulai membuat kursi roda kayu dan mendirikan perusahaannya Apollo Wooden Wheelchairs.

    Dia telah mengembangkan teknik manufaktur inovatif yang memungkinkan pembuatan kursi roda dari kayu. Bahan ini sudah hampir satu abad tidak digunakan untuk peralatan medis. Rahasia tekhnik yang dipegang Paul adalah dengan melubangi kayu agar ringan. Kayu itu dipotong dan kemudian direkatkan. Paul menambahkan, kursi roda buatannya menggunakan teknik cetak 3D dalam pembuatannya.

    “Kebaruannya terutama terletak pada kenyataan bahwa kursi roda saya diproduksi dengan merakit lapisan-lapisan dengan cara pencetakan 3D, bukan dengan merakit elemen secara end-to-end, seperti yang terjadi pada kursi roda kayu di masa lalu. Cara ini juga berbeda dengan pembuatan kasus kursi roda logam,” jelasnya.

    Paul mengatakan, kebaruannya kursinya terletak pada rakitan lapisan-lapisan pencetakan 3D. Selain keunggulan teknisnya, kursi berlengan dengan gaya desainnya yang bersih dan hangat ini memiliki “kekuatan super”.

    “Penampilannya yang estetis mengubah cara orang lain memandang Anda. Itu membuat Anda merasa lebih baik. Saat saya berada di jalanan Paris, kursi kayu saya sangat disukai oleh orang yang lewat. Ini adalah kursi berlengan dengan gaya desain yang hangat dan rapi yang memberikan ‘kekuatan super’.”

    Sukses di Paris, tapi juga online, Paul membagikan video pada bulan Oktober 2022 yang, dalam beberapa hari, menghasilkan ribuan viewers. Dia membuat kursi kedua yang bahkan lebih baik untuk dirinya sendiri.

    Diserahkan di Marseille

    Kursi roda tersebut diserahkan secara diam-diam kepada Paus di Marseille. Paul menyerahkan kursi ini kepada pada anggota delegasi Vatikan yang menyertai Paus. Ia tidak menyerahkan kursi ini langsung kepada Paus Fransiskus. Hal ini sebenarnya melegakan bagi Paul, yang mungkin cemas membayangkan Paus mencoba kursinya di depannya. Meskipun tidak ada rencana bagi Paus untuk menggunakan kursi roda di Marseille, faktanya tetap bahwa semua orang yang telah mengikuti atau berkontribusi pada proyek ini akan dengan setia menyaksikan kunjungan Paus selanjutnya!

    Saat ini, Paul tetap terhibur oleh perkataan yang dia terima saat doa kesembuhan di gereja Saint-Nicolas-des-Champs, Paris, pada November 2019.

    “Saya bersembunyi di belakang gereja. Saat itu ia mendengar, ‘Tuhan sedang mempersiapkan hal-hal besar bagi orang lumpuh’. Itu sangat berarti untukku. Hal ini masih menjadi kekuatan pendorong harapan saat ini, dan hal ini memperkuat pilihan saya untuk membuat diri saya bersedia mengikuti rencana Tuhan bagi saya,” katanya.

    Paul sempat terbang ke Kolkata, India untuk mengunjungi Missionaris Cinta Kasih yang didirikan St. Teresa. Itu adalah perjalanan yang sangat mengguncang hatinya:

    “Saya berada di kursi super saya, yang memungkinkan saya melakukan perjalanan ke belahan dunia lain, dan saya dihadapkan dengan orang-orang seperti saya di apotek yang tidak memiliki kursi sendiri. Dari pengalaman inilah lahirlah proyek desain kursi kayu berlengan yang indah, nyaman, dan murah,” ungkap Paul.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI