27.7 C
Jakarta
Sunday, May 5, 2024

Paus di Marseille, Perancis: Jadikan Mediterania sebagai Laboratorium Perdamaian Dunia

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus berjumpa dengan Presiden Perancis Emanuel Macron. Vatican Media

    MARSEILLE, Pena Katolik – Paus Fransiskus menutup Pertemuan Mediterania di Marseille, Perancis dengan mendorong para pemimpin agama dan otoritas sipil untuk berkontribusi dalam menjadikan kawasan Mediterania sebagai “fondasi perdamaian” di dunia. Ia mengatakan bahwa migrasi bukanlah suatu keadaan darurat, migrasi adalah sebuah kenyataan di zaman ini yang memerlukan pemikiran yang bijaksana.

    Mediterania adalah “cermin dunia” dan memiliki panggilan global untuk persaudaraan, satu-satunya cara untuk mencegah dan mengatasi konflik. Paus Fransiskus menyampaikan pidato pada Sabtu pagi, 23 September 2023, di sesi penutupan Pertemuan Mediterania selama seminggu di Palais du Pharo di Marseille. Pertemuan ini juga dihadiri oleh Presiden Prancis, Emmanuel Macron.

    Selama tujuh hari, lebih dari 120 perwakilan Gereja dan kaum muda dari lima pantai di Laut Mediterania berbagi tantangan politik, ekonomi, dan lingkungan saat ini di wilayah tersebut. Harapan mereka untuk masa depan adalah fokus krisis persoalan migrasi saat ini.

    Paus Fransiskus menyampaikan pesannya, tiga aspek yang menjadi ciri kota Prancis Selatan itu: kelautan, pelabuhan, dan mercusuar. Jalinan konflik antara berbagai peradaban, agama, dan visi tidak boleh membuat lupa bahwa apa yang orang Romawi sebut sebagai mare nostrum ‘laut kita’ telah menjadi “tempat pertemuan” selama ribuan tahun: di antara agama-agama Ibrahim; di antara pemikiran Yunani, Latin dan Arab; antara ilmu pengetahuan, filsafat dan hukum; dan di antara banyak kenyataan lainnya.

    Paus Fransiskus menggemakan kata-kata mendiang Walikota Florence, Giorgio La Pira, yang mengilhami inisiatif Pertemuan Mediterania. Ia mengatakan, Mediterania adalah “awal dan landasan perdamaian di antara semua bangsa di dunia.

    “Persimpangan jalan antara Utara dan Selatan, Timur dan Barat,” kata Paus Fransiskus.

    Ia mengajak untuk melawan perpecahan dan konflik dengan hidup berdampingan dalam perbedaan dan pada saat yang sama menyatukan tantangan-tantangan seluruh dunia.

    “Di tengah lautan konflik saat ini, kita di sini untuk meningkatkan kontribusi Mediterania, sehingga Mediterania dapat kembali menjadi laboratorium perdamaian. Karena inilah panggilannya, menjadi tempat di mana berbagai negara dan realitas dapat bertemu satu sama lain atas dasar kemanusiaan yang kita miliki bersama, dan bukan atas dasar perbedaan ideologi.”

    Mendengarkan Orang Miskin

    Agar Mediterania dapat kembali menjadi “laboratorium perdamaian” di dunia, di tengah “lautan konflik” saat ini dan bangkitnya kembali “nasionalisme yang suka berperang”, Mediterania harus mendengarkan seruan masyarakat miskin, seperti yang Yesus lakukan di tepi Laut Mediterania. Galilea.

    “Perubahan arah dalam komunitas kita terletak pada memperlakukan orang miskin sebagai saudara dan saudari yang kisahnya kita ketahui, bukan sebagai masalah yang menyusahkan; terletak pada menyambutnya, bukan menyembunyikannya; dalam mengintegrasikan mereka, bukan mengusir mereka; dalam memberi mereka martabat.”

    Pimpin Misa

    Di hari terakhi di Marseille, Paus memimpin Misa di Orange Vélodrome stadium, Marseille. Setelah Misa ini, Paus lalu bertolak kembali ke Roma, Italia. Dalam sebuah upacara perpisahan singkat dengan Presiden Prancis Macron, Paus Fransiskus dan rombongan kepausan berangkat dari Bandara Internasional Marseille.

    Paus Fransiskus mengakhiri kunjungan dua harinya ke kota Prancis selatan. Pesawat kepausan berangkat pada pukul 19.28 waktu setempat, dan diperkirakan akan mendarat di Bandara Fiumicino Roma sekitar pukul 20.50. Sebelum keberangkatannya, Paus mengucapkan selamat tinggal kepada Presiden Emmanuel Macron, dan istrinya Brigitte, dalam pertemuan pribadi singkat di bandara. Di dalam penerbangan, Paus Fransiskus akan mengadakan konferensi pers dengan jurnalis yang terakreditasi Tahta Suci yang meliput kunjungannya.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI