27.2 C
Jakarta
Saturday, May 4, 2024

Kim Tae Gon di Halaman Vatikan

BERITA LAIN

More
    Pemberkatan dan pemasangan Patung St Andreas Kim Tae Gon di salah satu bagian Basilika St Petrus. NCRegister

    VATIKAN – Pena Katolik – Paus Fransiskus pada hari Sabtu,16 September 2023 mengundang umat Katolik di Korea untuk meniru semangat santo pelindung mereka, St. Andreas Kim Tae-gŏn, saat patungnya diberkati di Basilika Santo Petrus.

    “St. Andreas Kim Tae-gŏn mengajak kita untuk menemukan panggilan yang dipercayakan kepada Gereja Korea, kepada Anda semua: Anda dipanggil pada iman yang muda, pada iman yang membara yang dijiwai oleh kasih kepada Tuhan dan sesama, menjadi sebuah anugerah, kata Paus.

    Paus bertemu dengan 300 anggota delegasi Gereja Katolik di Korea beberapa jam sebelum pemasangan permanen patung Kim di ceruk di luar Basilika Santo Petrus. Lahir pada tahun 1821, Kim adalah imam asli Korea pertama dan salah satu martir paling awal di negara tersebut. Ia disiksa dan dipenggal oleh Dinasti Joseon Korea pada usia 25 tahun.

    “Dengan nubuatan tentang kemartiran, Gereja Korea mengingatkan kita bahwa kita tidak dapat mengikuti Yesus tanpa memikul salib-Nya dan bahwa kita tidak dapat memproklamasikan diri kita sebagai orang Kristen tanpa bersedia mengikuti jalan kasih sampai akhir,” kata Paus Fransiskus.

    Pemberkatan patung marmer St. Andrew Kim Tae-gŏn seberat 6 ton dan setinggi 12 kaki dilakukan pada tanggal 16 September 2023, hari peringatan kemartirannya. Patung tersebut menggambarkan martir Korea dengan tangan terentang dan mengenakan dopo tradisional Korea serta topi datar.

    Prefek Dikasteri untuk Imam, Kardinal Korea Lazzaro You Heung-sik merayakan Misa di Basilika Santo Petrus bersama delegasi Gereja Korea sebelum patung itu diberkati oleh Kardinal Mauro Gambetti, Imam Basilika Santo Petrus.

    “Ketika saya memikirkan tentang kehidupan yang intens dari orang suci yang agung ini, kata-kata Yesus kembali ke hati saya, ‘Jika sebutir gandum, ketika jatuh ke dalam tanah, tidak mati, maka ia akan tetap tinggal; tetapi jika mati, ia akan menghasilkan banyak buah,’” kata Paus.

    Paus Fransiskus juga menunjukkan banyaknya panggilan imam di Korea dan meminta agar beberapa dari mereka ditugaskan untuk menjadi misionaris di negeri lain. Ia juga mengajak umat Katolik Korea untuk menjadi “rasul perdamaian” dalam setiap bidang kehidupan mereka.

    “Saya mempunyai pengalaman melihat mereka di Argentina dan misionaris Anda melakukan banyak hal baik,” katanya.

    Paus mengingatkan bahwa Hari Pemuda Sedunia 2027 akan diadakan di Seoul, Korea Selatan, dan meminta agar bagian dari persiapannya adalah pengabdian yang penuh semangat untuk menyebarkan Sabda Tuhan.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI