29.4 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Bunda Maria yang Berdukacita: Apakah Tujuh Dukacita Maria?

BERITA LAIN

More
    Maria Bunda Berduka Cita. IST

    JAKARTA, Pena Katolik – Umat ​​Katolik diundang untuk merenungkan tujuh duka Santa Perawan Maria secara khusus pada tanggal 15 September, hari raya Bunda Dukacita.

    Kesedihan pertama diawali dengan nubuat Simeon, seorang saleh di Yerusalem yang bertemu Kristus saat masih bayi. Dalam pertemuan itu, Simeon meramalkan penderitaan Maria.

    “Lihatlah, anak ini ditakdirkan untuk menjatuhkan dan membangkitkan banyak orang di Israel, dan menjadi tanda yang akan ditentang (dan kamu sendiri akan ditusuk dengan pedang) sehingga pikiran banyak hati dapat terungkap,” katanya pada Maria, menurut Injil Lukas (Luk 2:34-35).

    Seperti kesedihan pertama, kesedihan Maria yang lain berkaitan dengan Putranya: kedua, melarikan diri ke Mesir untuk menyelamatkan nyawa Bayi Kristus; ketiga,kehilangan anak Yesus di Bait Suci selama tiga hari; keempat,bertemu Kristus dalam perjalanannya ke Golgota; kelima,berdiri di kaki salib; keenam,menyaksikan tubuh Kristus diturunkan dari salib; dan ketujuh,menguburkan tubuh Kristus.

    Berkaca pada Bunda Maria yang Berdukacita, Paus Fransiskus menyoroti sikap Maria terhadap kesedihan ini di Slovakia pada tahun 2021.

    “Maria, Bunda Dukacita, tetap berada di kaki salib. Dia hanya berdiri di sana. Dia tidak melarikan diri, atau mencoba menyelamatkan dirinya sendiri, atau mencari cara untuk meringankan kesedihannya,” katanya.

    “Inilah bukti belas kasih yang sejati: tetap berdiri di bawah salib. Untuk berdiri di sana sambil menangis, namun dengan iman yang mengetahui bahwa, di dalam putranya, Tuhan mengubah rasa sakit dan penderitaan serta menang atas kematian.”

    Tujuh janji Maria:

    Melalui duka ini, Bunda Maria juga menawarkan pengharapan. Dia mengungkapkan tujuh janji kepada St. Bridget dari Swedia pada abad ke-14 bagi mereka yang mendaraskan tujuh Salam Maria setiap hari sambil merenungkan air mata dan kesedihannya, menurut Our Sorrowful Mother’s Ministry (OSMM) di Vandalia, Illinois. Berikut tujuh janji Maria itu:

    1. “Aku akan memberikan kedamaian kepada keluarga mereka.”
    2. “Mereka akan mendapat pencerahan tentang misteri ilahi.”
    3. “Aku akan menghibur mereka dalam kesusahan mereka dan Aku akan menemani mereka dalam pekerjaan mereka.”
    4. “Aku akan memberi mereka sebanyak yang mereka minta selama hal itu tidak bertentangan dengan kehendak Putra Ilahiku yang menggemaskan atau pengudusan jiwa mereka.”
    5. “Aku akan membela mereka dalam peperangan rohani melawan musuh jahat dan Aku akan melindungi mereka di setiap saat dalam hidup mereka.”
    6. “Aku akan menolong mereka secara nyata pada saat mereka meninggal; mereka akan melihat wajah Ibu mereka.”
    7. “Aku telah memperoleh dari Putra Ilahi-Ku bahwa mereka yang menyebarkan pengabdian ini kepada air mata dan kesedihan-Ku akan dibawa langsung dari kehidupan duniawi menuju kebahagiaan abadi karena segala dosa mereka akan diampuni dan Putraku dan Aku akan menjadi penghiburan abadi mereka dan sukacita.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI