27.1 C
Jakarta
Saturday, April 27, 2024

Misa Puncak WYD Dihadiri 1,5 Juta Orang, Paus Fransiskus Umumkan WYD Selanjutnya di Korea Selatan tahun 2027

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus mengumumkan lokaso WYD tahun 2027 di Korea Selatan pada saat memimpin Misa Puncak World Youth Day di Lisabon Portugal. Vatican Media

    LISABON, Pena Katolik – Di akhir Misa Kudus untuk Hari Orang Muda Sedunia,6 Agustus 2023, Paus Fransiskus mengumumkan negara Asia itu sebagai lokasi World Youth Day (WYD) berikutnya pada tahun 2027. Paus Fransiskus juga mengucapkan terima kasih kepada semua orang terlibat dalam WYD2023 di Lisabon.

    Syukur adalah nilai inti dari pesan Angelus Paus setelah Misa Kudus penutup Hari Orang Muda Sedunia di Lisbon.

    “Obrigado itu tidak hanya menyampaikan rasa terima kasih atas apa yang telah kami terima tetapi juga keinginan untuk membalasnya,” jelas Bapa Suci.

    “Jangan takut” seruan ini juga kembali disampaikan Paus Fransiskus kepada kaum muda Katolik. Ia juga mengenang pendahulunya dan inisiator pertama WYD, St. Yohanes Paulus II. Tidak sekali ini Paus Fransiskus menyerukan agar orang muda tidak takut dalam menghadapi hidup di zamannya. Berulang kali, Paus menyerukan dan mendorong orang muda untuk memiliki inisiatif dalam hidup mereka, untuk tidak takut pada hal-hal baru dalam kehidupan.

    “Orang-orang muda yang terkasih, saya ingin menatap mata Anda masing-masing dan memberi tahu Anda: Jangan takut, jangan takut,” katanya pada 6 Agustus.

    Paus Fransiskus memimpin Misa pada Pesta Transfigurasi. Setidaknya 1,5 juta menghadiri orang di Parque Tejo. Hari-hari sebelum misa, peziarah dari seluruh dunia berkemah semalaman dalam setelah berbagai acara doa. Sekitar 10.000 imam dan 700 uskup ikyt berkonselebrasi.

    Misa ini menjadi puncak pertemuan pemuda internasional, yang menarik ratusan ribu remaja, dewasa muda, dan pemimpin mereka dari hampir setiap negara di dunia ke ibukota Portugis 1–6 Agustus.

    Pasangan suami istri Portugis, Leanor dan Luis Graca, keduanya berusia 23 tahun, menghadiri Hari Pemuda Sedunia di Lisbon tepat setelah bulan madu mereka di Italia. Mereka menikah 18 hari yang lalu. Graca menggambarkan Hari Orang Muda Sedunia sebagai “” lain dari Roh Kudus setelah pernikahan keduanya.

    Marina Aleykseyeva, 31, dari Kiev, Ukraina, juga hadir dalam Misa bersama Paus Fransiskus. Aleykseyeva mengatakan dia dan beberapa pemuda dari kelompoknya sedang memeriksa telepon mereka selama berjaga untuk mengikuti berita tentang serangan udara lainnya di Ukraina semalam. Orang Ukraina bergabung dalam doa bersama orang muda dari Italia yang berada di dekat mereka di lapangan.

    Peserta WYD dari Ukraina. IST

    “Kami di sini untuk berdoa bagi negara, berdoa untuk perdamaian,” katanya kepada CNA. “Hari Orang Muda Sedunia ini sangat, sangat istimewa karena [kami] semua orang Ukraina datang ke sini untuk berdoa bagi perdamaian, untuk berdoa bagi tentara dan keluarga kami.”

    Dia berkata bahwa dia tersentuh oleh berapa banyak orang yang datang kepada mereka selama seminggu untuk mengatakan bahwa mereka berdoa untuk Ukraina.

    “Sekarang kami dapat kembali ke negara kami dan memberi tahu semua orang bahwa begitu banyak orang yang percaya kepada Tuhan berdoa untuk kami dari segala penjuru. dunia,” katanya.

    Paus Fransiskus juga menyerukan perdamaian di dunia dan di Ukraina dalam pidato singkat sebelum Angelus di akhir Misa.

    “Mari kita menemani dengan pikiran dan doa kita mereka yang tidak bisa bersama kita karena konflik bersenjata dan perang,” katanya.

    “Izinkan saya, sebagai orang yang lebih tua, untuk berbagi dengan Anda orang-orang muda sebuah mimpi yang saya bawa dalam diri saya: Ini adalah mimpi perdamaian, mimpi orang-orang muda yang berdoa untuk perdamaian, hidup dalam damai dan membangun masa depan yang damai,” katanya. (Sumber: CNA, Vatican News

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI