34 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Kesenian Lintas Iman di Ambarawa

BERITA LAIN

More
    Pentas Kesenian lintas agama di Paroki St Yusuf Ambarawa. Triyas H P

    AMBARAWA, Pena Katolik – Demi semakin memupuk keharmonisan kehidupan beragama, Gereja Katolik Santo Yusuf Ambarawa menggelar pentas kesenian dari berbagai agama di sekitar kecamatan Ambarawa, Minggu 16 Juli 2023.  Kegiatan ini diikuti 11 penampil dari sekolah katolik, kegiatan lingkungan katolik, dan kesenian dari berbagai agama dan kepercayaan. Kegiatan bertajuk “Srawung Agawe Rukun” ini dihadiri masyarakat umum dan tokoh masyarakat dan keagamaan.

    Koordinator acara, Yuliadi Supriyono menuturkan, kegiatan ini ingin merayakan kerukunan antar umat beragama di Ambarawa. Kegiatan ini diadakan untuk menjaga hubungan komunikasi dan keharmonisan antar umat. Kegiatan dilangsungkan di halaman parkir timur gereja atau halaman SMP Kanisius Ambarawa. Hadir dalam kesempatan ini perwakilan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Semarang, Camat Ambarawa dan Lurah Kupang, tokoh-tokoh agama, Banser dan Ansor, aktivis kemasyarakatan serta umat katolik Ambarawa.

    Berbagai kelompok yang tampil meliputi Legato Music School, SD Katolik di Paroki Ambarawa, Pendampingan Iman Anak (PIA), Angklung Lintas Iman Wijaya Kusuma Kampung Rapet Banyubiru, Kontingen Islam kesenian Najrak dari Dusun Gertas Brongkol  Banyubiru, agama Budha menampilkan tari menyambut Pangeran Siddharta dari umat Budha Bedono, tari gunungan dari umat Hindu Desa Asinan Bawen, umat Protestan menampilkan Tamborin dan Pujian dari Badan Kerjasama Antar Agama (BKSAG) Ambarawa, umat Konghucu dengan Barongsai dari Klenteng Hok Tik Bio Ambarawa serta  bidang paguyuban Paroki Santo Yusup Ambarawa dengan sanggar tari Kemrincing.

    Leocadia Iriyaningsi memberi kesan bahwa kegiatan ini sangat apik dan menarik. Menurutnya, keiatan ini memperkaya pengetahuan budaya agama lain juga memupuk persaudaraan yang hakiki.

    “Kegiatan yang menginspirasi bahwa kerukunan menimbulkan kedamaian sehingga bisa saling menghargai dan menghormati,” pungkas umat Paroki Santo Yusup Ambarawa ini. (FX Triyas Hadi Prihantoro)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI