29.1 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Paus Fransiskus Menunjuk Mgr. Victor Fernandez sebagai Prefek Kongregasi Ajaran Iman

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus dan Mgr Victor Fernandez. Vatican Media

    VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus telah menunjuk Uskup Agung Victor Fernandez sebagai Prefek Kongregasi Ajaran Iman. Ia akan menggantikan Kardinal Luis Ladaria, yang kini berusia 78 tahun. Dalam penunjukan ini, Paus menyertakan surat yang ditulis dalam bahasa Spanyol. Paus meminta teolog itu untuk berfokus pada iman.

    Paus Fransiskus menekankan bahwa tujuan seorang perfek adalah untuk “menjaga ajaran” dan menjadikan iman sebagai alasan pengharapan. Dia memberi catatan, bahwa di masa lalu, jemaat menggunakan metode yang tidak bermoral.

    Paus mendesak Fernandez untuk mendekati perannya dengan “cara yang berbeda” dan menyoroti karier akademiknya. Universitas Katolik Kepausan Argentina, tempat Mgr. Fernandez menjabat sebagai rektor, patut diperhatikan. Paus Fransiskus sebelumnya memperjuangkan penunjukan Mgr. Fernandez sebagai rektor melawan penentangan dari Kongregasi Pendidikan Katolik.

    Paus menyoroti karir pastoral Fernandez dan menekankan bahwa untuk memahami pentingnya peran barunya, ia harus memahami bahwa itu melibatkan “peningkatan kecerdasan dan transmisi iman dalam pelayanan evangelisasi. Kutipan Paus semuanya berasal dari dokumen program kepausannya, seperti Evangelii Gaudium, Gaudete et Exsultate, dan Laudato Si.

    Berdasarkan dokumen-dokumen ini, Paus Fransiskus menegaskan bahwa teologi harus mempertimbangkan setiap konsepsi teologis yang pada akhirnya mempertanyakan kemahakuasaan Allah dan rahmat-Nya. Oleh karena itu, tugas Mgr. Fernandez adalah untuk memastikan bahwa dokumen-dokumen kongregasi dan lainnya memiliki dukungan teologis yang memadai, konsisten dengan warisan yang kaya akan ajaran Gereja abadi, dan kadang-kadang memasukkan ajaran-ajaran magisterial terbaru.

    Mgr. Fernandez adalah teolog kepercayaan Paus Fransiskus, terbukti dari pengangkatannya sebelumnya, termasuk menjadikannya uskup agung dalam salah satu keputusan awal kepausannya. Saat itu, ia masih menjadi rektor Universitas Katolik Kepausan Argentina. Mgr. Fernandez juga terlibat dalam berbagai sesi Sinode tentang Keluarga.

    Lahir pada tahun 1962 dan ditahbiskan sebagai imam pada tahun 1986, Mgr.Fernandez melayani sebagai Pastor Paroki Santa Teresita di Río Cuarto (Córdoba) dari tahun 1993 hingga 2000. Ia adalah pendiri dan direktur Institut Formasi Awam dan Pusat Formasi Pastor Jesus Buen di kota yang sama. Di keuskupannya, ia juga bekerja sebagai pembina seminari, Direktur Ekumenisme, dan Direktur Katekese.

    Kantor Pers Tahta Suci mencatat bahwa Mgr.Fernandez berpartisipasi dalam Konferensi Umum Kelima Konferensi Waligereja Amerika Latin (Aparecida) pada tahun 2007 sebagai seorang imam perwakilan dari Argentina. Dia kemudian menjadi anggota kelompok penyusun dokumen akhir konferensi.

    Dari 2008 hingga 2009, ia menjabat sebagai Dekan Fakultas Teologi di Universitas Katolik Kepausan Argentina dan Presiden Masyarakat Teologi Argentina. Pada 13 Mei 2013, Paus Fransiskus mengangkatnya menjadi Uskup Agung. Dia berpartisipasi sebagai anggota Sinode Para Uskup pada tahun 2014 dan 2015 yang membahas tentang keluarga dan melahirkan dokumen Amoris Leitetia. Ia juga merupakan bagian dari kelompok perancang sinode ini.

    Sejak 2018, Mgr. Fernandez menjadi Uskup Agung La Plata dan menjabat sebagai anggota Dewan Kepausan untuk Kebudayaan dan Konsultan Kongregasi untuk Pendidikan Katolik. Saat ini, ia adalah anggota Dikasteri Kebudayaan dan Pendidikan. Buletin Vatikan menyoroti kontribusi ilmiahnya yang luas, dengan lebih dari 300 publikasi, banyak di antaranya telah diterjemahkan ke berbagai bahasa. Tulisan-tulisan ini menunjukkan dasar alkitabiah yang kuat dan upaya yang konsisten untuk melibatkan teologi dengan budaya, penginjilan, spiritualitas, dan masalah sosial.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI