29.4 C
Jakarta
Monday, April 29, 2024

Santo Ireneus menjadi Pujangga Gereja

BERITA LAIN

More
    Santo Irenius

    VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus mengesahkan penganugerahan gelar Pujangga Gereja kepada Santo Irenaeus, dan mengumumkan tiga Dekrit tentang Kebajikan Pahlawan dari tiga orang di jalan menuju kanonisasi.

    Paus Fransiskus pada hari Kamis menerima audiensi Kardinal Marcello Semeraro, Prefek Kongregasi Vatikan untuk Pekerjaan Para Kudus, dan memberinya wewenang, sesuai dengan pendapat Sidang Pleno para Kardinal dan Uskup yang merupakan anggota dari Dikasteri yang sama, untuk menganugerahkan gelar Pujangga Gereja Universal bagi Santo Irenaeus.

    Paus telah mengumumkan niat ini selama audiensi dengan anggota Kelompok Kerja Gabungan Ortodoks-Katolik St. Irenaeus di Vatikan Oktober lalu.

    Paus Fransiskus menggambarkan Santo Irenaeus, (yang, meskipun lahir di Smirna, di tempat yang sekarang Turki, antara 130 – 140 M, kemudian pindah ke Prancis di mana ia menjabat sebagai Uskup Lyons) sebagai “jembatan spiritual dan teologis yang besar antara Kristen Timur dan Barat.”

    Berasal dari Timur tetapi seorang rasul di Barat, seorang “pendeta” dan “juara perang melawan ajaran sesat”, demikian Benediktus XVI memanggilnya, St. Irenaeus dari Lyon akan segera dinyatakan sebagai Pujangga Gereja dengan gelar “ Doctor unitatis”, artinya dokter persatuan. Pengumuman itu disampaikan secara pribadi oleh Paus Fransiskus pada Kamis pagi, dalam pidato singkatnya kepada para anggota Kelompok Kerja Gabungan Ortodoks-Katolik St. Irenaeus. “Saya akan dengan senang hati menyatakan pelindung Anda sebagai Pujangga Gereja,” katanya, menggambarkannya sebagai sosok yang sangat penting dalam sejarah Gereja dan sebagai “jembatan spiritual dan teologis yang besar antara orang Kristen Timur dan Barat.”

    “Namanya, Irenaeus, mengandung kata ‘damai’,” tegas Paus, mengingat akar kata Yunaninya (Eirenaios), yang berarti “damai”, “pembawa damai”, “seraphic.” Ini menunjukkan seseorang yang berusaha membawa dan menjalankan perdamaian. Misi yang tepat dari kehidupan orang suci.

    Seorang penginjil dari orang-orang barbar yang memerangi Gnostisisme

    Berasal dari Asia, mungkin lahir di Smirna dan yang menginjakkan kaki di Galia pada tahun 177, Irenaeus adalah murid Polikarpus, dengan demikian secara tidak langsung, rasul Yohanes. Dia adalah teolog Kristen pertama yang mencoba elaborasi dari sintesis global Kekristenan primitif. Dia berbicara bahasa Yunani, tetapi untuk menginjili bangsa Celtic dan Jermanik, dia mempelajari bahasa orang-orang yang dianggap barbar. Dia melakukan karyanya pada saat penganiayaan yang keras dan dalam periode sejarah yang ditandai oleh dua peristiwa budaya yang sangat penting: kebangkitan Gnostisisme dalam agama Kristen – bentuk bidat pertama dengan struktur doktrin yang baik, dan mampu mempesona banyak orang Kristen terpelajar – dan penyebaran Neoplatonisme di dunia pagan, sebuah filosofi luas yang memiliki banyak kesamaan dengan Kekristenan.

    Pembela doktrin

    Irenaeus berupaya memberikan tanggapan tegas guna menyoroti kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam Gnostisisme, sebuah doktrin yang menyatakan bahwa iman yang diajarkan Gereja hanyalah simbolisme bagi yang sederhana, tidak mampu memahami kerumitan, sedangkan kaum intelektual yang dapat memahami apa yang ada di baliknya. simbol, akan membentuk kekristenan yang elitis dan intelektual. Pendeta Lyon, bagaimanapun, membuka jendela dialog dengan Neoplatonisme dan menerima beberapa prinsip umum, mengembangkannya secara pribadi. Dari tulisan-tulisannya, ada dua karya yang tersisa: lima buku berjudul “Against Heresies” dan “The Demonstration of the Apostolic Preaching,” juga dikenal sebagai katekismus tertua dari doktrin Kristen.

    Karya Irenaeus jauh melampaui penyangkalan terhadap bidaah. Ia muncul sebagai teolog Gereja besar pertama yang menciptakan teologi sistematika. Ia sendiri berbicara tentang sistem teologi, yaitu, koherensi internal dari semua iman.

    Paus Benediktus XVI mengenang St Irenius dengan mengingat inti dari doktrinnya yaitu pertanyaan tentang “aturan iman” dan transmisinya. Bagi Irenaeus, aturan iman bertepatan dalam praktik dengan Pengakuan Iman Rasuli, yang memberikan kita kunci untuk menafsirkan Injil.

    Irenaeus membawa Injil, diterima dalam rantai tak terputus dari para Rasul, yang tidak mengajarkan apa pun kecuali iman yang sederhana. Selalu memperdebatkan karakter “rahasia” dari tradisi Gnostik dan mencatat hasil yang beragam dan kontradiktif, Irenaeus, berusaha keras untuk menggambarkan “konsep asli dari Tradisi Kerasulan” yang “publik”, “satu” dan “pneumatik” , yaitu, dibimbing oleh Roh Kudus “yang menghidupkannya dan membuatnya dipahami dengan benar oleh Gereja”.

    Kebajikan Pahlawan

    Selama Audiensi, Paus juga memberi wewenang kepada Kongregasi Ajaran Iman untuk mengumumkan Dekrit tentang:- kebajikan heroik dari Hamba Allah Francesco Saverio Toppi, Uskup Agung Prelat Pompei, dan anggota Ordo Friars Minor Capuchin. Ia lahir pada tahun 1925 di Brusciano (Italia) dan meninggal pada tahun 2007 di Nola (Italia). Kebajikan heroik dari Hamba Tuhan Maria Teresa DeVincenti, pendiri Kongregasi Pekerja Kecil Hati Kudus; lahir pada tahun 1872 di Acri (Italia) dan meninggal di sana pada tahun 1936; serta kebajikan heroik dari Hamba Allah Gabriella Borgarino, dari Society of the Daughters of Charity, lahir pada tahun 1880 di Boves (Italia) dan meninggal pada tahun 1949 di Luserna (Italia).

    Pengakuan kebajikan heroik di pihak Gereja merupakan langkah pertama menuju kanonisasi. Orang yang telah mempraktikkan kebajikan heroik dinyatakan “Yang Mulia,” dan disebut Hamba Tuhan.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI