Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Empat Uskup dan Satu Administrator Diosesan Akan Hadir dalam Perayaan 129 Tahun Misi Katolik di Fakfak

Gereja St Yosep Fak Fak Papua Barat. ISt

FAKFAK, Pena Katolik Lima Uskup di Tanah Papua dipastikan hadir dalam perayaan 129 Tahun Misi Katolik di Tanah Papua yang akan dipusatkan di Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat. Hal itu disampaikan Ketua Panitia Perayaan 129 Tahun Misi Katolik di Tanah Papua, Clemens Adopak di Fakfak, Kamis 11 Mei 2023.

“Iya memang kami sudah konfirmasi dan hasilnya 5 Uskup ini dipastikan hadir dalam Perayaan 129 Tahun Misi Katolik di Tanah Papua dan launching penetapan tanggal masuknya Agama Katolik di Tanah Papua,” jelasnya.

5 Uskup tersebut adalah Uskup Jayapura, Mgr. Yanuarius Theofilus Matopai You; Uskup Agats Mgr. Aloysius Murwito OFM; Uskup Agung Merauke, Mgr Canisius Petrus Mandagi MSC, Administrator Diosesan Timika, Pastor Marthen Ekowaibi Kuwaiyo, dan Uskup Manokwari Sorong, Mgr. Hilarion Datus Lega.

“Kami berharap para Uskup dapat datang dan melihat Fakfak secara langsung, bagaimana masyarakatnya dan perkembangan Katolik di Tanah Mbaham Matta ini,” ujarnya.

Salah satu rangkaian acara ini adalah prosesi napak tilas di Kampung Sekru, Distrik Pariwari yang menjadi lokasi pendaratan pertama Pastor Cornelis Le Cocq d’Armanville, SJ menyebarkan Katolik pada 22 Mei 1894 silam.

Sebelumnya diketahui, menjelang perayaan ke-129 tahun Misi Katolik di Tanah Papua yang akan dipusatkan di Kabupaten Fakfak, Papua Barat, maka masyarakat secara swadaya berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 438 juta melalui prosesi Wewowo Misi Katolik Maghi.  Rangkaian acara akan dilangsungkan mulai Jumat, 19 Mei hingga Selasa, 23 Mei 2023 mendatang.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini