27.3 C
Jakarta
Thursday, May 9, 2024

Pastor Hyacinthe Besson OP, Pelukis Dominikan

BERITA LAIN

More
    Pater Hyacinthe Besson OP.

    ROMA, Pena Katolik – Berikut adalah koleksi karya-karya terpilih oleh pelukis dan misionaris Dominikan, Pater Hyacinthe Besson OP (1816-1861). Ia ditahbiskan sebagai imam pada tahun 1843 dan bergabung dengan ordo Dominikan pada tahun 1845. Pater Besson berinisiatif mendirikan beberapa biara di Corsica, Lyon, dan Roma. Ini sebelum ia diutus ke Mar Yacoub di Irak pada tahun 1858, di mana ia meninggal karena demam tifoid pada usia 45 tahun.

    Ia dipuji karena kesalehan dan dedikasinya yang luar biasa serta kejeniusan artistiknya yang tak terbantahkan, Pater Besson dikenang sebagai “pelukis Kristen pertama pada masanya”.

    Dalam sebuah terbitan yang diproduksi oleh RR. FRS. Berthier dan Vallée, yang dimaksudkan sebagai penghargaan pada karya seni rohani. Diitampilkan beberapa karya lukis rohani, termasuk beberapa karya pelukis terkemuka, murid François Souchon dan Paul Delaroche. Dalam volume yang hanya dicetak 500 eksemplar, kita akan menemukan karya-karya terpilih yang menggambarkan kehidupan dan sengsara Kristus, Perawan Maria, kehidupan Santo Dominikus, dll.

    Di sini kita dapat mengagumi replika lukisan dinding yang menggambarkan pelukan persaudaraan rohani Santo Fransiskus dan Santo Dominikus yang ada di rumah chapter Basilika St. Sixtus di Roma (San Sisto), tempat Besson tinggal dari tahun 1853 hingga 1855 sebelum berangkat ke Irak. Meskipun figur utamanya telah selesai, dekorasi dari lukisan dinding itu belum terselesaikan.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI