32.5 C
Jakarta
Friday, April 19, 2024

Medali Benemerenti untuk Relawan Kemanusiaan di Ukraina

BERITA LAIN

More
    Master Ordo Dominikan, Pastor Gérard Francisco Timoner III OP saat menganugerahkan diploma dan Medali Benemerenti kepada para sukarelawan dari Center St. Martin de Porres di Fastiv. OP.ORG

    UKRAINA, Pena Katolik – Pada tanggal 1 Mei 2023, saat kunjungan kanonis ke Vikaris Ukraina (Provinsi Polandia), Master Ordo Dominikan, Pastor Gérard Francisco Timoner III OP menganugerahkan diploma dan Medali Benemerenti kepada para sukarelawan dari Center St. Martin de Porres di Fastiv, sebuah kota berjarak sekitar 30  kilometer dari Kiiv.  Dalam tradisi Ordo Domnikan, diploma dan medali ini diberikan kepada orang-orang di luar Keluarga Dominikan yang telah mendukung misi ordo dalam beberapa hal. Medali ini dianugerahkan sebagai ungkapan terima kasih yang luar biasa, para penerima tersebut terhubung secara spiritual dengan jasa-jasa Ordo.

    Pemberian Diploma Benemerenti kepada para sukarelawan Center St. Martin de Porres ini berdasarkan usulan dari Provinsi Polandia yang ingin mengungkapkan rasa terima kasih  Ordo Dominikan atas upaya delapan puluh orang atau lebih yang mendukung para biarawan di Fastiv dalam misi amal mereka untuk para korban perang di Ukraina. Pastor Gérard berjanji untuk memasukkan mereka ke dalam doa-doa Ordo.

    Peristiwa Ini mungkin menjadi yang pertama kalinya dalam tradisi Benemerenti yang telah berusia berabad-abad. Ketika diploma diberikan kepada kelompok secara keseluruhan, dengan demikian menyoroti karisma komunitas dari misi ordo.

    Setelah serangan Rusia atas Crimea pada tahun 2014, para sukarelawan dari Center St Martin de Porres, yang diprakarsai oleh komunitas Dominikan di Fastiv, mendirikan pusat revalidasi untuk anak-anak yang trauma akibat perang. Sejak invasi Rusia tahun 2022, badan tersebut telah meningkatkan kinerjanya untuk korban kekerasan perang. Mereka mendistribusikan makanan dan peralatan kepada para korban di Fastiv, di desa-desa sekitar yang diduduki dan dihancurkan saat kedatangan Rusia pada awal serangan, dan juga  mengorganisir konvoi kemanusiaan ke Kharkiv dan Kherson, mereka memperlihatkan belas kasihan Tuhan secara nyata kepada mereka yang menderita.

    Mereka juga berkontribusi dengan sepenuh hati untuk sekolah dasar di pusat dan kafe, dengan menyediakan lingkungan yang ramah, indah, dan damai untuk semua.  Selain itu, mereka membantu para penghuni sekitar Center St. Margaret di Città di Castello, yang membuka pintunya saat musim dingin lalu untuk menampung wanita dengan anak kecil yang harus meninggalkan rumah mereka karena perang. Di gedung yang sama, dua lantai lainnya digunakan untuk menampung orang dewasa penyandang disabilitas ringan. Saat ini dua lantai tersebut sedang direnovasi. Berkat dukungan finansial dari Provinsi Holy Name di Amerika Serikat dan banyak donatur Ordo lainnya, Center St. Martin de Porres dan para sukarelawannya dapat memberikan contoh yang baik tentang solidaritas Dominikan dengan mereka yang secara khusus mengalami pukulan keras.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI