Seorang Dominikan Awam Terpilih Menjadi Ketua Nobel Foundation

0
530
Astrid Söderbergh Widding OP

SWEDIA, Pena Katolik – Pada 28 April 2023, Dewan Direksi Nobel Foundation telah menunjuk Astrid Söderbergh Widding OP sebagai Ketua lembaga itu. Widding adalah Rektor Universitas Stockholm dan merupakan dosen kajian Sinema di kampus itu.

Saat ini, Widding adalah anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia dan Akademi Sastra, Sejarah, dan Purbakala Kerajaan Swedia. Dia sebelumnya adalah Ketua Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Swedia dan anggota dewan Institut Lingkungan Stockholm dan telah menerima banyak penghargaan.

Sejak tahun 1985, ia telah menjadi anggota Persaudaraan Awam Dominikan di Stockholm (Vikariat Dacia, Provinsi Prancis), Pada tahun 1991 ia menerbitkan buklet Awam dalam Ordo Pengkhotbah: Para anggota awam Ordo Dominikan dari abad ke-13 hingga zaman modern.

“Sungguh menggembirakan bahwa Astrid Söderbergh Widding telah setuju untuk menjadi ketua baru kami. Dia memiliki pengalaman kepemimpinan yang luas di institusi sains, budaya, dan humaniora,” kata Vidar Helgesen, Direktur Eksekutif Nobel Foundation.

“Saya senang telah dipercayakan dengan posisi Ketua Yayasan Nobel. Hadiah Nobel memiliki posisi unik di dunia, dan saya berharap dapat berkontribusi pada pekerjaan penting yang dilakukan untuk mempromosikan sains, sastra, dan perdamaian di masyarakat kita,” kata Widding dalam siaran pers. Ia menggantikan Carl-Henrik Heldin, yang telah menjadi Ketua Dewan Direksi Yayasan Nobel selama sepuluh tahun.

Ordo Pewarta mengucapkan selamat atas penunjukan Widding sebagai Presiden Nobel Foundation. Ungkapan dukungan ini disampaikan Pater Juan Ubaldo Lopez Salamanca, OP. Ia mengungkapkan doa dan persaudaraan dalam misi dipercayakan kepada Widding.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here