26.3 C
Jakarta
Thursday, April 25, 2024

Uskup dan Tokoh Agama Papua Turun Tangan Membebaskan Pilot Susi Air yang Masih Disandera KKB

BERITA LAIN

More
    Foto KKB dan Pilot Susi Air yang disandera yang beredar di media sosial. IST

    JAYAPURA, Pena Katolik – Uskup Jayapura, Mgr. Yanuarius Theofilus Matopai You menyatakan tokoh agama bersepakat membantu TNI-Polri membebaskan Pilot Susi Air yang disandera hingga kini oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB). Pernyataan ini disampaikan Mgr. Yanuarius menyusul pertemuan tokoh agama Papua yang membicarakan masalah ini, Jayapura, 10 Mei 2023. Dalam pertemaun yang dihadiri Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fakhiri, para tokoh agama akan menerjunkan tim untuk melakukan negosiasi.

    Mgr. Yanuarius mengatakan, peristiwa ini menjadi keprihatinan pimpinan Gereja karena warga sipil yang menjadi korban. Para pimpinan Gereja sudah melakukan pertemuan terkait konflik yang terjadi. Usaha ini dilakukan agar pembebasan sandera dapat dilakukan.

    Mgr. Yanuarius menyampaikan, konflik antara KKB dan pihak keamanan menjadi perhatian Gereja karena sudah ada korban dari rakyat sipil. Menurutnya, masyarakat sipil menjadi korban karena diliputi rasa ketakutan dan tidak bisa beraktivitas dengan normal.

    “Kami minta kedepankan pendekatan kemanusiaan, pendekatan dialog, sehingga diharapkan ada jeda kemanusiaan dan kedua belah pihak baik TNI-Polri maupun KKB menghentikan kekerasan, termasuk baku tembak hingga tercipta suasana yang baik agar negoisasi bisa berjalan,” ucap Uskup Jayapura ini.

    Pendeta Benny menjelaskan, bantuan yang diberikan tokoh agama itu agar sandera dapat segera dibebaskan. Peristiwa ini menjadi sorotan karena sudah cukup lama berada bersama kelompok tersebut.

     “Memang benar dalam pertemuan antara Dewan Gereja Papua dengan Kapolda Papua, tokoh agama akan membentuk tim yang akan diterjunkan melakukan negosiasi guna membebaskan sandera berkebangsaan Selandia Baru itu,” kata Pdt Benny.

    Selain Uskup Jayapura, pertemuan dengan Kapolda Papua ini dihadiri juga moderator Dewan Gereja Papua Pdt. Benny Giay; Sekretaris Sinode Gereja KINGMI, Pdt. Dominggus Pigai; Presiden Baptis West Papua, Socrates Sofyan Yoman; dan Presiden Gereja GIDI, Pdt. Dorman Wandikbo. Ada juga Ketua Departemen Perempuan GIDI, Rode Wanimbo; Ketua Sinode KINGMI di Tanah Papua, Pdt. Tilas Mom; anggota GKI di Tanah Papua, Fransina Yoteni; dan Ketua API Provinsi Papua, Jimmy Koirewoa.

    Pilot Philip ditawan KKB pimpinan Egianus Kogoya sejak tanggal 7 Pebruari sesaat setelah mendaratkan pesawatnya di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI