26.1 C
Jakarta
Saturday, April 20, 2024

Api Karunia Tuhan Menghadirkan Penjelasan Menarik Mengenai Ibadat Resmi Gereja oleh Kardinal Ignatius Suharyo

BERITA LAIN

More
    Menit ke 37:09- Kardinal Ignatius Suharyo memperkenalkan Buku Ibadat Harian Verbum Veritatis

    Pena Katolik- Tayang Perdana pada 24 April 2023, dalam episode ke-12 API Karunia Tuhan yang berjudul “Mengenal Ibadat Resmi Gereja”, Kardinal Ignatius Suharyo memberikan penjelasan yang menarik mengenai sejarah dan pentingnya ibadat resmi dalam Gereja Katolik. Penjelasan ini dapat disaksikan melalui channel YouTube HIDUPtv.

    Dalam episode tersebut, Kardinal Suharyo memaparkan sejarah perkembangan ibadat resmi sejak awal gereja hingga saat ini. Ibadat resmi pertama kali didoakan oleh para rahib atau pertapa, yang melaksanakannya tujuh kali sehari. Awalnya, ibadat ini hanya wajib bagi biarawan dan biarawati, namun sejak Konsili Vatikan II, ibadat resmi gereja Katolik ini menjadi kewajiban bagi seluruh umat beriman.

    Kardinal Suharyo juga membahas tentang kitab Mazmur dan doa yang diajarkan oleh Tuhan Yesus kepada para murid-Nya, yaitu “Doa Bapa Kami”. Ia menyoroti pentingnya pemahaman dan penghayatan terhadap doa-doa resmi Gereja sebagai bagian integral dari kehidupan beriman umat Katolik.

    Buku Ibadat harian Verbum Veritatis ada di Toko Shoppe

    Buku Verbum Veritatis

    Pada menit ke-37:09 dalam video tersebut, Kardinal Suharyo juga membagikan informasi menarik bahwa ada buku Renungan Harian yang ditulis oleh Pater-Pater Dominikan yaitu Buku “Verbum Veritatis”, yang memuat secara lengkap ibadat harian. Pesan tersirat dalam durasi itu bahwa Kardinal Suharyo menunjukkan banyak upaya untuk menyediakan panduan yang mempermudah umat dalam menjalankan ibadat resmi setiap harinya.

    “Sejauh yang saya tahu, ada satu buku renungan harian yang ditulis oleh Pater-pater Dominikan “Verbum Veritatis” itu memuat doa ibadat pagi, sore, ibadat bacaan itu lengkap. Harapannya, semoga umat semakin ikut dalam doa resmi Gereja itu.”  kata Kardinal Suharyo mulai menit ke 37:09.

    Video episode ke-12 dengan judul “Mengenal Ibadat Resmi Gereja” ini memiliki durasi sekitar satu jam. Bagi mereka yang penasaran dengan penjelasan yang disampaikan oleh Kardinal Ignatius Suharyo, dapat menyaksikannya melalui channel YouTube HIDUPtv: API KARUNIA TUHAN EPS 12: “MENGENAL IBADAT RESMI GEREJA”. (PEN@/Samuel).

    Channel Youtube – HIDUPtv

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI