Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Mewarnai Kebhinekaan: Komposisi Nyanyian Liturgi Maria dengan Nuansa Etnik Kalimantan Barat

Seminar jelang Perayaan 50 Gua Maria Anjongan

Pena Katolik– Pontianak, Lokakarya Komposisi Nyanyian Liturgi dan Rohani Etnik Kalimantan Barat diadakan pada tanggal 20-23 April 2023, di Wisma Pengembangan Sosial Ekonomi Keuskupan Agung Pontianak (PSE- KAP).

Kegiatan lokakarya ini diadakan dengan tujuannya mengakomodir dan membuat rancangan lagu kegiatan lomba cipta lagu kemudian lagu-lagu ini akan diambil dan kemudian dilombakan pada bulan Oktober 2023 mendatang. Tidak hanya itu, lagu-lagu tersebut diciptakan menjelang  perayaan ulang tahun ke-50 Goa Maria Ratu Pencinta Damai Anjongan, Keuskupan Agung Pontianak, Kalimantan Barat.

Kegiatan Lokakarya ini dihadiri dari berbagai perwakilan dari setiap paroki di Keuskupan Agung Pontianak dan Konggregasi para suster juga para seminari, tidak hanya itu saja melainkan dari setiap individu sebagai komponis yang dikenal turut hadir dalam kegiatan lokakarya ini. Adapun peserta yang hadir sebanyak 28 orang.

Narasumber yang menjadi pemateri dalam lokakarya ada tiga, hadir diantaranya ada Pastor Paskalis CP sebagai narasumber yang memberikan materi dasar secara liturgis dan theologis, dan sekaligus menjadi ketua panitia dalam kegiatan lomba tersebut.

Ada juga Aloysius Mering sebagai salah satu narasumber dari Keuskupan Agung Pontianak, ia sebagai pengamat, guru dan penggiat musik di Pontianak. Kemudian narasumber ketiga dihadiri oleh Natalis Natalianto yang diundang langsung dari panitia  pesparani Nasional dari Keukupan Agung Jakarta (KAJ).

Sebagai Ketua Panitia, Pastor Paskalis CP mengaku bahwa “Antusias dari peserta yang hadir dalam kegiatan Lokakarya hari itu cukup tinggi.

“Dimana pada hari kedua dalam rangkaian kegiatan lokakarya ini para peserta sangat antusias dalam membuat sebuah karya lagu,” kata Pastor Paskalis CP. (PEN@/Samuel – Akuang, Haryadi).

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini