34 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Paus Fransiskus Membela St. Yohanes Paulus II atas “Dugaan Ofensif’ dari Saudara Laki-laki Emanuela Orlandi

BERITA LAIN

More
    Emanuela Orlandi depan kaca mata bersama dengan Paus Yohanes Paulus II. Pietro Orlandi

    VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus pada hari Minggu membela St. Yohanes Paulus II dari tuduhan baru-baru ini, bahwa Paus asal Polandia itu diam-diam mengunjungi wanita di malam hari. Berbicara pada Minggu Kerahiman Ilahi, 16 April 2023, hari yang ditetapkan oleh Paus Yohanes Paulus II pada tahun 2000, Paus Fransiskus menyebut sindiran itu “tidak berdasar dan ofensif”.

    “Pasti bahwa saya menafsirkan perasaan umat beriman di seluruh dunia, saya mengucapkan terima kasih untuk mengenang St. Yohanes Paulus II, yang saat ini menjadi objek dugaan yang tidak berdasar dan ofensif,” katanya.

    Paus Fransiskus menyapa kelompok-kelompok yang mempromosikan spiritualitas Kerahiman Ilahi setelah memimpin Regina Caeli, antifon Maria yang didoakan selama Masa Paskah, dari jendela yang menghadap ke Lapangan Santo Petrus pada 16 April.

    Pietro Orlandi, saudara laki-laki Emanuela Orlandi, seorang gadis berusia 15 tahun dan warga negara Vatikan yang hilang 40 tahun lalu, menyatakan bahwa Yohanes Paulus II diam-diam meninggalkan Vatikan pada malam hari, untuk terlibat dalam perilaku tidak bermoral. Orlandi membuat pernyataan 11 April 2023 di program televisi Italia Di Martedi, di mana dia tampil bersama pengacara keluarganya, Laura Sgrò.

    Tuduhan ini kemudian dikomentari Kardinal Stanisław Dziwisz, yang menjadi sekretaris pribadi Yohanes Paulus II selama lebih dari tiga decade. Ia mengatakan, rumor ini adalah “sindiran keji” dan salah dari awal sampai akhir.

    Orlandi, yang telah berusaha mendapatkan jawaban atas hilangnya saudara perempuannya selama 40 tahun, bertemu dengan kepala jaksa Vatikan selama delapan jam pada 11 April. Alessandro Diddi, jaksa penuntut Negara Kota Vatikan, mengatakan bahwa Paus Fransiskus telah memberinya “kebebasan maksimum untuk menyelidiki [kasus Orlando] dalam skala luas tanpa persyaratan apa pun.”

    “Paus Fransiskus dengan gigih mengejar keinginan untuk transparansi mutlak, pencarian kebenaran dan pemurnian,” kata Diddi kepada surat kabar Italia Corriere Della Sera.

    Emanuela Orlandi adalah remaja putri berusia 15 tahun, anak dari Ercole Orlandi yang bekerja di Prefektur Rumah Kepausan dan warga Negara Kota Vatikan. Emanuela hilang pada 22 Juni 1983, setelah berangkat untuk pelajaran musik di Roma. Peristiwa hilangnya Emanuela ini telah menjadi salah satu kasus terbesar yang belum terpecahkan di Italia. Selama ini kasus Emanuela telah menjadi bahan spekulasi selama beberapa dekade.

    Kasus ini juga menjadi subjek serial dokumenter kejahatan nyata Netflix, “Vatican Girl: The Disappearance of Emanuela Orlandi,” yang dirilis tahun lalu. Episode terakhir dari serial ini mengemukakan teori bahwa Vatikan entah bagaimana terlibat dalam penghilangan tersebut.

    Pernyataan Vatikan

    Vatikan sejak awal terbuka pada penyelidikan kasus ini oleh pihak berwenang Italia. Vatikan telah bekerja sama dengan penyelidikan lain atas hilangnya gadis itu dalam beberapa tahun terakhir. Pada bulan Januari, Diddi membuka berkas untuk menyelidiki lebih lanjut hilangnya Emanuela Orlandi atas permintaan keluarganya.

    Menurut juru bicara Vatikan, Matteo Bruni, Diddi pada 11 April bertemu dengan Pietro Orlandi dan pengacara Laura Sgrò. Pertemuan ini diminta oleh Orlandi, menjadi kesempatan bagi Orlandi untuk “membuat pernyataannya sendiri dan untuk menawarkan informasi apa pun yang dimilikinya ke file yang dibuka oleh promotor keadilan Vatikan pada bulan Januari.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI