Wisata Religi Gua Maria Bukit Kanada

0
7758
Gua maria Kanada Rangkasbitung

RANGKASBITUNG, Pena Katolik – Gua Maria Kanada terletak di Rangkasbitung, Banten. Gua Maria ini dibangun pada tahun 1987 sebagai tanggapan umat Katolik Rangkasbitung terhadap Ensiklik Redemptoris Mater.

Ensiklik ini berisi refleksi Paus Yohanes Paulus II tentang peran Maria dalam misteri Kristus dan kehadirannya yang aktif dan teladan dalam kehidupan Gereja. Ensiklik ini diumumkan oleh Paus Yohanes Paulus II sehubungan dengan tahun Maria pada 1987 – 1988.

Pemilihan nama Gua Maria ini, mengapa diberi nama Kanada, karena lokasinya terletak di Kampung Narimbang Dalam, yang kalau disingkat menjadi “Kanada”. Gua Maria ini masuk dalam wilayah pastoral Paroki Santa Maria Tak Bernoda, Rangkasbitung.

Setelah selesai dibangun, Gua Maria ini diberkati oleh Uskup Bogor Mgr. Ignatius Harsono pada tanggal 13 Agustus 1988, dua hari sebelum Hari Raya Santa Maria Assumta. Gua ini merupakan tempat ziarah pertama di tanah Banten. Gua Maria ini menjadi satu dengan Akademi Keperawatan (Akper) Yatna Yuana Rangkasbitung. Gedung Akper terletak di bagian depan dan tanah dibagian belakang dibangun gua Maria.

Lokasi

Dimana lokasi Wisata Gue Maria Bukit Kanada di Rangkasbitung Lebak Banten? seperti yang tertulis di atas lokasi terletak di Desa Jatimulya, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, Indonesia. Lokasi Gua Maria ini dapat dengan mudah dicari juga dalam Google Map.

Apabila perjalaanan ditempuh dari Jakarta, peziarah dapat sampai ke tempat ini dengan melalui jalan tol Jakarta Merak dan keluar di pintu tol Cikande. Setelah itu, perjalanan dilannjutkan ke arah Rangkasbitung tepatnya di Akper Yatna Yuana. Pintu gerbang menuju lokasi gua dapat melalui pintu gerbang Akper. Perjalanan ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam setengah.

Alamat:

Jatimulya, Rangkasbitung, Lebak Regency, Banten 42315

Telp: (0252) 201652 (Paroki St Maria Tak Bernoda Rangkasbitung)

Tempat Wisata Lain di Rangkas bitung

Curug Sata, Pantai Karang Bokor, Kebun Teh Cikuya, Pantai Pasir Putih Sawarna, Curug Cihear, Curug Kanteh.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here