35.4 C
Jakarta
Sunday, May 12, 2024

80 Tahun Setelah Kemartiran Edith Stein, Martir Kamp Konsentras dan Seorang Pembela Cinta

BERITA LAIN

More
    Edith Stein atau St Teresia Benedicta dari Salib. Vatican News

    AUSCHWITZ, Pena Katolik – Tanggal 9 Agustus 2022 ini, Gereja menandai peringatan ke-80 kemartiran Edith Stein atau dikenal sebagai St. Teresa Benedicta dari Salib yang dibunuh di Auschwitz pada tahun 1942. Edith dalam dunia filsafat dikenal sebagai salah satu pemikir besar abad ke-20. Ia dikenal sebagai filosof dan teolog yang mendasarkan pemikirannya pada ajaran St. Thomas Aquinas. Setelah mencapai puncak akademik dalam dunia filsafat. Edith lalu bergabung dalam Kongregasi Suster Benediktin.

    Dalam homilinya selama Misa Kudus di Biara Karmelit di Auschwitz, Polandia, Kardinal Michael Czerny SJ merefleksikan kisah Edith yang luar biasa. Kardinal Czerny menarik kesejajaran antara asal-usul keluarganya sendiri dan keluarga Edith Stein, keduanya berasal dari keluarga Yahudi.

    “Dengan Edith Stein, saya berbagi asal usul Yahudi, iman Katolik, panggilan hidup religius, dan beberapa kebetulan dengan nenek dari pihak ibu saya, Anna Hayek née Löw (1893-1945). Usia mereka hampir sama dan memiliki akhir yang sama,” kata Prefek Kongregasi untuk Pembangunan Manusia Integral.

    Kardinal Czerny mencatat bahwa peringatan ini terjadi “dalam keadaan khusus tahun ini yang mengundang dan mendorong kita untuk mengingatnya.” Dia mengacu pada perang di Ukraina dan “terlalu banyak perang kejam yang berlarut-larut di berbagai belahan dunia.”

    “Penderitaan yang menimpa penduduk Ukraina dan Rusia, pengungsi dan korban yang semakin banyak, mengharuskan kita untuk mengingat Holocaust. Holocaust harus membantu kita untuk secara serius mempertanyakan jalan yang diambil oleh umat manusia sejak berakhirnya Perang Dunia II, hampir delapan dekade lalu,” katanya.

    Untuk alasan ini,” lanjut Kardinal, mengutip Mazmur 118, “untuk meneliti masa lalu, sehingga kita dapat lebih memahami masa kini dan berkomitmen pada masa depan, kita perlu meneranginya dengan Firman Tuhan, pelita bagi langkah kita dan pelita bagi jalan kita.”

    Keagungan kebenaran

    Selama homilinya, Kardinal Czerny menggambarkan Edith Stein sebagai seorang wanita yang pencarian kebenarannya mencirikan seluruh keberadaannya. Edith Stein mencontohkan bagaimana kehidupan yang dihabiskan dalam cinta bisa menjadi perjalanan untuk membuka diri. Ungkapan indah Veritatis Splendor (Kemegahan Kebenaran) dapat diterapkan pada ziarahnya sebagai seorang wanita, seorang filsuf, seorang pendidik, seorang kontemplatif, seorang Suci.

    Dia adalah seorang wanita, katanya, yang mengerti bahwa “Tuhan selalu “melampaui”: melampaui semua penalaran, melampaui semua fenomena, melampaui semua aktivitas manusia.”

    Setelah pembaptisannya pada tahun 1922, Edith Stein menggabungkan pengajaran dengan belajar dan menulis. Tahun-tahun ini, kata Kardinal Czerny, “membawanya untuk mencari keseimbangan yang harmonis antara iman dan filsafat, dan ini berkembang menjadi rasa misi dalam panggilannya sebagai guru: untuk memimpin murid-muridnya menuju kebenaran. Bukan hanya kebenaran teoretis, tetapi juga kebenaran mutlak dan hidup: Tuhan.” Kardinal juga mengingat surat Santo kepada Paus Pius XI yang sudah lanjut usia “mendesaknya untuk memecah keheningannya dan berbicara menentang semua ekspresi antisemitisme.”

    Pada sore hari tanggal 2 Agustus 1942, dua agen Gestapo mengetuk pintu biara Karmelit di Echt untuk menangkap Edith Stein, juga dikenal, sebagai Suster Teresa Benedicta, bersama dengan saudarinya Rosa. Nasibnya ditentukan ketika dia dibawa ke kamp pemilahan Westerbork di utara Belanda, dan kemudian dideportasi bersama banyak orang lainnya ke kamp pemusnahan Auschwitz-Birkenau.

    Pada tanggal 9 Agustus, Edith meninggal di kamar gas kamp. Kardinal Czerny menggambarkan bagaimana “ia melewati ambang pintu dan bertemu dengan Mempelai Laki-laki secara langsung, memenuhi perjanjian pernikahan dengan Kristus yang disalibkan yang untuknya, sebagai perawan yang bijaksana melestarikan minyak cinta kepada Tuhan, dia telah mempersiapkan dirinya.”

    “Jadi Auschwitz menghubungkan saksi dan relik St Teresa Benedicta dari Salib dengan kisah dan semangat nenek saya, di mana pun jenazahnya berada. Bagi saya sangat mengharukan untuk merayakan ulang tahun ke-80 Edith Stein dan, pada waktu dan tempat yang sama, ke-77 Anna Löw, untuk meratapi nenek saya dan menghormatinya, memikirkan dia bersatu kembali dengan seluruh keluarga kami dan juga dengan St Teresa Benedicta.”

    Mengakhiri homilinya, Kardinal Czerny menyerukan untuk jangan pernah lagi melawan satu sama lain, tidak pernah, tidak pernah lagi, tidak pernah lagi perang, tidak pernah lagi perang. Dan semoga mereka yang sejarah pribadi dan keluarganya adalah Yahudi dan Kristen, berkontribusi pada dialog yang diperlukan antara agama kita untuk hidup sebagai fratelli tutti, saudara semua, di rumah kita bersama.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI