33 C
Jakarta
Thursday, May 2, 2024

60 Tahun Pacem in terries, Ensiklik yang Mendinginkan Perang Dingin

BERITA LAIN

More
    Paus Yohanes XXIII saat menandatangani promulgasi ensiklik Pacem in Terris. Vatican News

    VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus memanggil umat beriman untuk membaca kembali ensiklik pendahulunya, St. Yohanes XXIII, Pacem in Terris. Ensiklik ini ditujukan oleh St Yohanes XXIII kepada Gereja dan dunia, pada puncak ketegangan antara dua blok yang berlawanan dalam apa yang disebut Perang Dingin, begitu bunyi ajakan kata Paus di akhir audiensi umum 12 April ini.

    Fransiskus memuji visi St. Yohanes XXIII. Menurut Fransiskus, Paus pendahulu itu membuka cakrawala luas di hadapan semua orang untuk berbicara tentang perdamaian dan membangun perdamaian: rencana Allah bagi dunia dan keluarga manusia. Ensiklik itu benar-benar berkah, seperti sekilas ketenangan di tengah awan gelap.

    Paus Fransiskus, yang menganggap bahwa dunia sedang terlibat dalam semacam “Perang Dunia III”. Dunia sedang berjuang sedikit demi sedikit, Paus mengatakan bahwa pesan ensiklik itu “sangat tepat waktu” hari ini.

    “Hubungan antara Negara, seperti antara individu, harus diatur bukan dengan kekuatan bersenjata, tetapi sesuai dengan prinsip-prinsip akal sehat: prinsip-prinsip, yaitu, kebenaran, keadilan dan kerja sama yang kuat dan tulus,” demikian Fransiskus mengutip salah satu bagian dalam Pacem in Terris.

    “Saya mengundang umat beriman dan pria dan wanita yang berkehendak baik untuk membaca Pacem in terris, dan saya berdoa agar para Kepala Bangsa terinspirasi olehnya dalam rencana dan keputusan mereka.”

    Perangko dengan gambar Paus Yohanes XXIII diterbitkan di Jerman sebagai penghormatan akan peran Bapa Suci dalam perdamaian dunia.

    Mendinginkan Perang

    Pacem in Terris adalah ensiklik pertama yang menyebutkan – pada nomor 75 – Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang dibentuk pada tanggal 26 Juni 1945. Tahun berikutnya, pada tahun 1964, Tahta Suci menjadi pengamat tetap Perserikatan Bangsa-Bangsa, kemudian pada tanggal 4 Oktober 1965, Paulus VI menjadi paus pertama yang berpidato di Majelis Umum PBB. Penggantinya Yohanes Paulus II (tahun 1979 dan 1995), Benediktus XVI (tahun 2008) dan Fransiskus (tahun 2015) juga berbicara di depan Majelis Umum PBB di New York.

    Pacem in terris adalah ensiklik pertama yang seorang paus tujukan kepada “semua orang yang berkehendak baik”, bukan hanya kepada umat Katolik, mengutip puji-pujian kepada Allah seperti yang dikatakan oleh tentara surgawi di atas palungan Betlehem (Vulgata Latin: in terra pax in hominibus bonae voluntatis, Lukas 2:14).

    Guru Besar Hukum Universitas Harvard, Mary Ann Glendon, menafsirkan ensiklik ini bahwa “tanggung jawab untuk mengatur kondisi perdamaian, tidak hanya menjadi milik dunia yang hebat dan berkuasa, tugas itu milik setiap orang dan setiap orang”. Dalam istilah teologis, ini menandai perubahan besar dalam ajaran kepausan dari ketergantungan pada kategori skolastik klasik hukum kodrat ke pendekatan yang lebih induktif berdasarkan tanda-tanda zaman.

    Dalam karya ini, Yohanes XXIII bereaksi terhadap situasi politik di tengah Perang Dingin. Promulgasi ensiklik ini dilakukan hanya beberapa bulan setelah Krisis Misil Kuba 1962, di mana Vatikan bertindak sebagai perantara antara Gedung Putih dan Kremlin. Pada krisis ini, Paus Yohanes XXIII secara tegas menyerukan agar pihak-pihak yang bertikai menghentikan semua intimidasi.

    Ensiklik ini juga mencerminkan pengalaman Paus tahun 1960 dalam mencoba menyelesaikan kesulitan yang timbul dari pendudukan empat negara dari Berlin. “Ensiklik perdamaian” ini diterbitkan hanya dua tahun setelah pendirian Tembok Berlin.

    Dari sisi ajaran, Pacem in Terris mengacu pada bacaan tentang The City of God karya Santo Agustinus dan pandangan Thomas Aquinas tentang Hukum Kekal. Ajaran kedua pujangga Gereja ini menggemakan nilai-nilai inti Injil dan prinsip pemikiran patristik dan abad pertengahan, sambil mencerminkan periode sejarah di mana Injil itu ditulis.

    Sosiolog, Mgr. Pietro Pavan dan sekelompok kecil teolog membantu menyusunnya. Dalam pandangan Mgr. Pavan, Pacem in terris akan menyajikan ajaran Paus Leo XIII tentang hukum abadi, “mengingat arus perubahan sejarah, dan memungkinkannya beresonansi dengan audiens yang lebih luas”.

    Paus menjelaskan dalam ensiklik ini bahwa konflik “seharusnya tidak diselesaikan dengan senjata, melainkan dengan negosiasi”. Dia lebih jauh menekankan pentingnya penghormatan hak asasi manusia sebagai konsekuensi penting dari pemahaman Kristiani tentang manusia. Dia dengan jelas menetapkan “bahwa setiap orang berhak atas hidup, atas integritas tubuh, dan atas sarana yang sesuai untuk perkembangan kehidupan yang tepat.”

    Berdampak Mendamaikan Dunia

    Pacem in Terris dibaca dan menjadi pegangan oleh pembaca di luar Gereja Katolik dengan cara yang belum pernah dilakukan oleh ensiklik lain. Salah satu alasannya tidak diragukan lagi adalah karisma Yohanes XXIII sendiri, yang menyampaikan ensikliknya tidak hanya kepada para uskup, klerus dan umat beriman, tetapi juga kepada orang-orang yang berkehendak baik. Yang lainnya adalah kelelahan dengan ancaman Perang Dingin yang terus-menerus, dan ketidakpastian tentang ke mana arah selanjutnya.

    Namun, mungkin alasan terpenting mengapa hal itu begitu mudah dianut adalah kekuatan dokumen itu sendiri. Pada tahun 1965, Robert Hutchens, kepala Pusat Institusi Demokrasi di Amerika Serikat menggambarkan Pacem in Terris sebagai “salah satu dokumen paling mendalam dan signifikan di zaman kita… yang mengirimkan senjata nuklir, nasionalisme, kolonialisme, rasisme, dan non-konstitusional” rezim ke dalam keranjang sampah sejarah”.

    Hanya dalam waktu empat puluh tahun sejak diumumkannya Pacem in Terris dapat diidentifikasi perkembangan yang menjadi pokok harapan dan doa Yohanes XXIII seperti yang diungkapkan dalam ensiklik. Sebagian besar dunia telah bangkit dari penindasan, struktur yang memfasilitasi kerja sama dan dialog antar negara telah diperkuat, dan ancaman perang nuklir global telah diatasi.

    Dampak signifikan ensiklik ini adalah pengembangan peran PBB sebagai kekuatan penjaga perdamaian dunia. Pada tahun 1963, Perserikatan Bangsa-Bangsa belum berusia dua puluh tahun, dan Yohanes XXIII melihatnya sebagai otoritas dunia yang potensial, meskipun masih embrionik. Dalam Pacem in Terris, Paus Yohanes XXIII memperingatkan bahwa otoritas dunia ini harus merupakan hasil kesepakatan bersama, dan harus bertindak dengan ketidakberpihakan.

    Namun demikian, hak asasi manusia jelas merupakan agenda internasional, dan sejak diumumkannya Pacem in Terris dunia telah menyaksikan revolusi tanpa kekerasan tahun 1989 yang mengakhiri komunisme di Eropa, munculnya negara-negara merdeka dari Kekaisaran Eropa termasuk Kekaisaran Soviet, dan berakhirnya Perang Dingin.

    Di dalam Gereja, komunitas Katolik telah menyaksikan dan berpartisipasi dalam kebangkitan aktivisme keadilan sosial Katolik atas nama hak asasi manusia, dibuktikan dalam karya gerakan awam Katolik atas nama para korban dan hak-hak mereka di Brasil, El Salvador, Guatemala, Peru, Bolivia, Kolombia, Venezuela, dan Timor Timur. Aktivisme Katolik dalam mendukung pengungsi tersebar di seluruh dunia.

    Paus Yohanes Paulus II mendedikasikan pesannya untuk Hari Perdamaian Dunia 1998 dan 1999, untuk memperingati Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia. Martabat pribadi manusia seperti yang dengan fasih dikemukakan dalam Pacem in Terris kini menjadi landasan ajaran sosial Katolik, dan pesan yang kuat dan konsisten kepada komunitas internasional. Hak asasi manusia sekarang menjadi bagian dari agenda biasa Gereja universal.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI