Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

7.000an Umat Hadir Misa Kamis Putih Paroki Cikarang

Romo Camellus Delelis Da Cunha Pr, mencium kaki saat prosesi pembasuhan kaki pada acara Misa Kamis Putih di Paroki Cikarang Gereja Ibu Teresa, Bekasi. (Foto: Komsos PCGIT)

Lebih dari 7.000 umat Katolik di Paroki Cikarang Gereja Ibu Teresa (PCGIT), Bekasi, memulai perayaan Tri Hari Suci dengan merayakan Ekaristi Kamis Putih pada Kamis, 6 April 2023. Misa dilaksanakan dua kali, pukul 17.00 WIB dan 20.30 WIB. Dalam perayaan tersebut diadakan upacara pembasuhan kaki sebanyak 12 umat, sebagai simbolisasi peristiwa Yesus membasuh kaki 12 muridnya.

Misa konselebrasi pertama dipimpin oleh Romo Antonius Suhardi Antara Pr sebagai selebran utama dan konselebran Romo Yakobus Rudiyanto SJ. Sementara itu, misa kedua dipimpin oleh selebran utama Romo Camellus Delelis Da Cunha Pr dan Romo T. Agus Sriyono SJ sebagai konselebran.

Dalam kotbahnya, Romo Antonius Suhardi Antara Pr mengatakan bahwa merayakan Kamis Putih adalah mengenangkan perjamuan Tuhan, yang mengacu pada tradisi perjamuan Paskah Yahudi. Ia menambahkan bahwa Paskah bagi umat Kristiani adalah perayaan sengsara, wafat, dan kebangkitan Tuhan yang menyelamatkan dan membebaskan manusia dari perbudakan dosa.

Romo Antara juga menekankan bahwa merayakan Paskah pada dasarnya adalah merayakan Ekaristi. Oleh karena itu, ia mengajak umat untuk semakin menghayati Ekaristi dengan sikap hidup dalam mewujudkan kesejahteraan bersama. Ia menambahkan bahwa keluarga adalah dasar untuk peduli dan berbagi.

Ekaristi Kamis Putih ditutup dengan arak-arakan Sakramen Mahakudus ke tempat ibadat tuguran, yaitu doa di depan Sakramen Mahakudus. Ibadat ini menjadi kesempatan perenungan bagi umat sebelum memperingati wafatnya Yesus Kristus pada Jumat Agung.

Oleh: Lourentius EP (Umat Paroki Cikarang)

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini