27.3 C
Jakarta
Tuesday, April 23, 2024

Sudah Baca! Jadwal Tak Terduga Uskup Agustinus Kunjungi Biara Kapusin Medan?

BERITA LAIN

More
    Bersama Anak Sekolah Minggu dan Frater2 Novis Kapusin Medan

    Pena Katolik, Sumatra Utara- Pada Minggu, 26 Maret 2023, Uskup Keuskupan Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus, melakukan kunjungan ke beberapa tempat pendidikan dan biara Frater Kapusin di Pematang Siantar, Sinaksak, dan Parapat. Selama kunjungan tersebut, Uskup Agustinus menyempatkan diri untuk mampir dan makan siang di Danau Toba yang terkenal sebagai objek wisata yang indah di Sumatera Utara.

    Kunjungan Uskup Agustinus ke biara dan tempat pendidikan Frater Kapusin di Pematang Siantar, Sinaksak, dan Parapat merupakan bentuk dukungan dan apresiasi yang diberikan kepada para Frater Kapusin dalam mempersiapkan diri sebagai calon imam di masa depan. Selain itu, kunjungan ini juga sebagai bentuk kepeduliannya terhadap kemajuan pendidikan dan iman di wilayah tersebut.

    Saat mampir di Danau Toba, Uskup Agustinus menikmati pemandangan yang indah dan menyegarkan di sela-sela jadwal kunjungannya yang padat. Dalam kunjungannya tersebut, ia juga menyampaikan pesan dan berkat bagi para Frater Kapusin dan umat di daerah tersebut.

    Kunjungan singkat Uskup Agustinus tersebut mendapat sambutan hangat dari para Frater Kapusin dan umat setempat. Kunjungan hari itu tergambar bahwa mereka merasa senang dan terhormat atas kehadiran Uskup Agustinus di daerah mereka.

    Informasi yang disampaikan oleh Pastor Gabriel OFMCap yang juga turut dalam mendampingi Uskup Agustinus dalam kunjungannya juga mengatakan bahwa setelah menghadiri perayaan pesta 100 tahun Suster Fransiskus Dina (SFD) Indonesia di Medan, kesempatan itu beliau juga berkenan berkunjung ke kota Pematangsiantar.

    Setelah itu, Uskup Agustinus berkenan mengunjungi Kota Pematangsiantar. Di kota ini, Uskup Agustinus mengunjungi beberapa tempat, termasuk Biara Kapusin St. Fransiskus Jalan Medan, Seminari Tinggi Santo Petrus, Bikap St. Bonaventura, dan Novisiat Kapusin Medan.

    Pastor Gabriel OFMCap yang bertugas disana dari tahun 2021- hingga saat ini. Ia sekarang bertugas di Pematangsiantar sebagai staff formator dan Magister  Spiritual untuk para Frater-frater Kapusin dari ke-empat Jajaran: Medan, Pontianak, Sibolga dan Nias dan Sekretaris Eksekutif Badan Kerjasama Kapusin Indonesia (BKS Kapindo).

    Sebagai Imam Kapusin yang senior ia mendampingi Uskup Agustinus Uskup Agung Pontianak itu untuk mengantar dan berkeliling disana. Tak hanya itu, dalam chat personalnya kepada redaksi ia mengaku bahwa Uskup Agustinus juga datang dan melihat langsung Seminari Tinggi Santo Petrus (STSP) dimana para calon Imam Diosesan dari Regio (secara khusus beliau berjumpa Fr. Adven Finem calon imam Diosesan Keuskupan Medan) Se-Sumatera Utara tinggal, persis di dekat STFT St. Yohanes Pemandi tempat mereka studi atau menimba ilmu untuk mempersiapkan diri menjadi imam kelak.

    Di pinggiran Danau Toba

    Kepingan Surga

    Lalu tak jauh dari tempat itu, Uskup Agustinus Agustinus bersama Suster Kristina SFD, ditemani  Salikin dan istri, menuju ke Bikap St. Bonaventura (Biara untuk Student Frater-frater Conventual atau OFM Conv.) Yang bertetangga dengan Biara Alverna Sinaksak dimana Frater Kapusin yang sedang menempuh studi filsafat.

    Setelah berkunjung ke empat Rumah Studi para Frater calon imam di kota Siantar, perlahan rombongan Uskup Agustinus menuju ke arah kota turis Parapat di pinggiran danau Toba yang dijuluki tempat “Kepingan Surga”.

    Di kota kecil turis ini pun Uskup Agustinus berkenan meluangkan waktu mengunjungi dan melihat serta berjumpa dengan para Frater Kapusin di Novisiat Kapusin Medan dimana berpuluh tahun sebelumnya semua Calon Kapusin se-Indonesia dididik disana, namun kini setiap Provinsi dan Kustodi Kapusin telah memiliki Novisiat sendiri masing masing.

    Dalam kunjungan singkat di Novisiat Kapusin Medan itu, Uskup Agustinus masih sempat menyapa ftrater Kapusin dan Anak-anak sekolah Minggu yang berkunjung ke Novisiat disana beliau juga turut bernyanyi bersama mereka dan memberikan berkatnya.

    Dalam perjumpaan itu Suster Kristina SFD menuliskan pesan kecil yang ia peroleh dari pesan Uskup Agustinus dalam perjumpaannya dengan anak-anak dengan bertuliskan “Kalian adalah masa depan Gereja, semoga ada yg terpanggil menjadi Pastor, Suster dan Bruder,” kata Uskup Agustinus dalam pesan yang dikirimkan Suster Kristina SFD.

    Menurut pengakuan Pastor Gabriel OFMCap bahwa para Frater baik di Kota Siantar, di rumah pendidikan dan Novisiat sungguh senang dan bangga atas kunjungan Uskup Agustinus pada 26 Maret 2023 kemarin.

    “Karena hari Minggu waktu yang singkat itu telah menoreh kesan yang dalam khususnya di hati para Frater Kapusin dari Pontianak yang sedang studi di kota Pematangsiantar dan juga frater-frater Novis di Parapat juga tak kalah pentingnya bagi anak-anak sekolah Minggu, Minggu Gembira yang beliau sampaikan pesan dan berkat,” kata Pastor Gabriel OFMCap.

    Menutup pesan whatsappnya Pastor Gabriel OFMCap mengatakan bahwa sungguh kunjungan singkat, padat dan penuh berkat bagi kami, staf di rumah studi, frater-frater Kapusin dan umat di Paroki St. Fransiskus Jalan Medan dan Kota turis Parapat.

    “Terima kasih Mgr Agus atas kunjungan dan berkatnya. Moga sehat dan semangat dalam tugas dan pelayanannya,” tulis dari pesan whatsapp Pastor Gabriel OFMCap. (PEN@/Samuel).

    Di Nosiat Kapusin Medan di Parapat
    Di Biara Kapusin Alverna Sinaksak

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI