Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Parlemen Inggris Melarang Doa dan Salat di Dekat Fasilitas Aborsi

Tanggal 30 Desember, Argentina menyetujui undang-undang yang mengizinkan aborsi hingga minggu ke-14 kehamilan.

LONDON, Pena Katolik – Parlemen Inggris menyetujui undang-undang untuk menciptakan “zona penyangga” di sekitar fasilitas aborsi. Aturan ini akan melarang berbagai perilaku, termasuk doa hening. Aturan ini disahkan Selasa, 7 Maret 2023.

Parlemen menolak amandemen pengecualian doa dan percakapan konsensual. Pemungutan suara terakhir dilakukan sehari setelah seorang wanita pro-life ditangkap di Birmingham untuk kedua kalinya. Ia ditangkap karena berdoa dalam hati. Ia dinilai melakukan pelanggaran undang-undang zona penyangga setempat. Para penentang undang-undang tersebut mengecam pengesahan RUU tersebut sebagai pemogokan terhadap kebebasan individu di Inggris Raya.

“Pemungutan suara hari ini menandai momen yang menentukan untuk hak-hak dasar dan kebebasan di negara kita,” kata Jeremiah Igunnubole, penasihat hukum untuk kelompok hukum ADF UK (kelompok yang menentang kebijakan ini), pada 7 Maret 2023.

“Parlemen memiliki kesempatan untuk menolak kriminalisasi kebebasan berpikir, yang merupakan hak mutlak, dan merangkul kebebasan individu untuk semua. Sebaliknya, Parlemen memilih untuk mendukung penyensoran dan mengkriminalisasi kegiatan damai seperti doa hening dan percakapan konsensual.”

“Hari ini aborsi. Besok bisa jadi masalah debat politik yang diperebutkan. Prinsipnya tetap bahwa pemerintah tidak boleh menghukum siapa pun untuk salat, apalagi salat diam, dan percakapan damai dan mufakat.”

RUU itu akan menciptakan zona penyangga seluas 150 meter, sekitar 492 kaki, di luar fasilitas aborsi di Inggris dan Wales. Ini melarang intimidasi, pelecehan, atau campur tangan terhadap mereka yang mencari atau menyediakan aborsi. Pelanggaran akan dihukum dengan denda, perubahan dari hukuman yang diusulkan sebelumnya yang menyerukan hukuman penjara. Namun, denda berpotensi tidak terbatas.

Ketentuan hukum yang luas melarang setiap tindakan yang berdampak mempengaruhi keputusan seseorang untuk mengakses, menyediakan, atau memfasilitasi penyediaan layanan aborsi. Alithea Williams, manajer kebijakan publik untuk Society for the Protection of Unborn Children, memperingatkan bahwa undang-undang zona penyangga berarti bahwa warga negara biasa akan dicap sebagai penjahat dan dikenakan sanksi keuangan yang melumpuhkan karena bersaksi dengan damai dan menawarkan bantuan kepada wanita yang membutuhkan.

“Banyak anak yang hidup hari ini karena ibu mereka menerima bantuan dan dukungan dari pro-life yang penuh kasih di luar klinik,” kata Williams. “Banyak wanita merasa tertekan atau dipaksa untuk melakukan aborsi, dan pro-life vigils memberi mereka pilihan. Sekarang pilihan mereka telah diambil.”

Anggota parlemen memberikan suara menentang amandemen yang diajukan Anggota Parlemen Konservatif, Andrew Lewer untuk secara khusus mengecualikan doa hening dan percakapan konsensual di zona, yang dijuluki “zona sensor”. Amandemen tersebut gagal dengan suara 116 banding 299.

“Sangat mengecewakan bahwa anggota parlemen bahkan menolak amandemen yang sederhana ini, yang mencoba memastikan bahwa pemikiran kriminal tidak diabadikan dalam hukum Inggris,” kata Williams. Dia mengatakan pemungutan suara membuktikan bahwa anggota parlemen “menyetujui untuk menangkap orang bahkan untuk doa hening.”

Isabel Vaughan-Spruce, co-direktur March for Life UK, dan pastor Keuskupan Agung Birmingham Pastor Sean Gough dibebaskan pada Februari karena berdoa di depan sebuah klinik aborsi. Tuduhan tersebut menyangkut insiden terpisah. Sehari sebelum pemungutan suara, Vaughan-Spruce kembali ditangkap karena berdoa di luar fasilitas aborsi yang sama.

“Hanya tiga minggu yang lalu, pengadilan menjelaskan bahwa doa diam saya bukanlah kejahatan. Namun, sekali lagi, saya telah ditangkap dan diperlakukan sebagai penjahat karena memiliki pemikiran yang sama persis di kepala saya, di lokasi yang sama,” katanya dalam sebuah pernyataan, Senin.

“Ketidakjelasan undang-undang yang membatasi kebebasan berekspresi dan berpikir – bahkan dalam percakapan damai, konsensual atau dalam doa internal yang hening – mengarah pada kebingungan yang hina, merugikan hak-hak dasar yang penting. Tidak seorang pun harus dikriminalisasi karena pemikiran mereka,” bunyi pernyataan itu.

Enam petugas menghadiri penangkapannya. Video bagian dari pertemuan antara Vaughan-Spruce dan petugas telah diposting ke Twitter oleh ADF UK.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini