29.5 C
Jakarta
Tuesday, April 30, 2024

Paus Menyampaikan Duka Mendalam atas Kecelakaan Tabrakan Kereta di Yunani

BERITA LAIN

More
    Kecelakaan kereta api di Larissa Yunani. Vatican News

    LARISSA, Pena Katolik – Paus Fransiskus mengungkapkan kesedihan dan belasungkawa atas kecelakaan kereta api langsung di Larissa, Yunani. Peristiwa inimenewaskan sedikitnya 36 orang dan melukai lebih dari 85 lainnya. Paus mengirim pesan pada hari Rabu, 01 Maret 2023 untuk menyampaikan belasungkawa atas kecelakaan kereta Selasa malam, 28 Februari 2023.

    “Mari mempercayakan jiwa orang yang meninggal kepada belas kasih Allah Yang Mahakuasa,” begitu bunyi pernyataan Paus Fransiskus.

    Paus juga menyampaikan berkatnya kepada mereka yang terluka akibat tabrakan langsung dan para pekerja darurat yang memberikan bantuan sebagai janji kekuatan dan solidaritas di dalam Tuhan. Telegram Paus Fransiskus ditandatangani oleh Kardinal Sekretaris Negara Pietro Parolin, dan ditujukan kepada Uskup Syros, Mgr. Petros Stefanou, Presiden Konferensi Waligereja Yunani.

    Tabrakan langsung

    Sebuah kereta penumpang bertabrakan langsung dengan kereta barang di Lembah Tempi utara pada Selasa malam. Beberapa mobil tergelincir dan beberapa terbakar. Kereta tersebut membawa 342 penumpang dan 10 awak. Smentara itu kereta barang yang terlibat dalam tabrakan itu diawaki dua orang.

    Sedikitnya 36 orang tewas dalam tabrakan tersebut pada tengah hari Rabu, tetapi para pejabat memperkirakan jumlah korban tewas akan terus meningkat. Tim penyelamat menghabiskan hari Rabu mencari melalui badan kereta yang terpelintir dengan tergesa-gesa untuk mencapai korban selamat.

    Seorang penumpang berusia 28 tahun, Stergios Minenis, mengatakan bahwa kebakaran terjadi segera setelah kecelakaan itu. Beberapa penumpang memecahkan jendela dengan barang bawaan mereka untuk merangkak dari reruntuhan.

    “Saat kami berbalik, kami dibakar; api kanan dan kiri,” kata Minenis.

    Pemerintah Yunani telah mengumumkan tiga hari berkabung nasional, dan memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang hingga Jumat untuk menghormati mereka yang tewas dalam kecelakaan itu. Banyak penumpang dilaporkan melakukan perjalanan pulang setelah liburan panjang akhir pekan untuk menandai awal Prapaskah di Gereja Ortodoks Yunani.

    Presiden Yunani Katerina Sakellaropoulou mempersingkat kunjungan ke Moldova pada hari Rabu, dan mengungkapkan kesedihannya atas kecelakaan itu.

    “Saya menyampaikan belasungkawa saya kepada mereka yang kehilangan orang yang dicintai atau menderita dalam bencana ini. Saat ini, operasi penyelamatan sedang dilakukan untuk membantu mereka yang berada di kereta ini.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI