34.3 C
Jakarta
Monday, April 29, 2024

Uskup Jayapura: “Mari Jaga Alam Papua”

BERITA LAIN

More

    JAYAPURA, Pena Katolik – Uskup Jayapura, Mgr. Yanuarius Theofilus Matopai You menyarankan kepada masyarakat agar menjaga dan merawat alam. Merawat alam adalah bagian dari melindungi ciptaan Tuhan. Dengan tindakan ini, masyarakat ikut serta ikut mencegah dampak perubahan iklim. Hal itu disampaikan Mrg Yanuarius Theofilus Matopai You dalam Surat Gembala Aksi Puasa Pembangunan pada masa Pra Paskah 2023. Dalam surat gembala itu, Uskup Jayapura menyatakan perubahan iklim telah membawa dampak bagi Indonesia, dan secara khusus di Papua.

    Uskup Jayapura menyatakan dampak perubahan iklim di Papua ditandai dengan menurunnya debit air di berbagai mata air, menurunnya tingkat kesuburan tanah, berkurang atau bahkan punahnya keanekaragaman spesies endemik seperti burung cendrawasih.

    “Luas dan kualitas hutan berkurang akibat pengambilan kayu atau pembabatan hutan dalam jumlah besar-besaran. [Perubahan iklim juga berdampak kepada] kesehatan, di mana banyak warga menderita berbagai penyakit, bahkan wabah,” kata Uskup.

    Selain berhadapan dengan dampak perubahan iklim, orang asli Papua juga berhadap dengan perilaku manusia yang menyebabkan ketidakadilan ekologis. Uskup Jayapura mencontohkan praktik penjualan tanah ulayat suku tertentu kepada pihak perusahaan, misalnya perkebunan kelapa sawit di Arso, Taja Lereh, Merauke.  Ia menyatakan pengalihan fungsi hutan telah menurunkan kualitas dan kuantitas air, memperburuk kesehatan, berakibat kepada hilangnya generasi penerus yang tangguh.

    Di tengah berbagai tekanan itu, Uskup mengingatkan umat Katolik bahwa keimanan akan memberi visi yang lebih utuh tentang makna bumi, manusia dan semua makhluk hidup lainnya, dan memberi motivasi untuk melindungi alam ciptaan dan sesama. You mengajak keterlibatan umat Kristiani dalam memulihkan dan melestarikan keutuhan ciptaan sebagai perwujudan iman akan Allah Sang Pencipta dan pemelihara kehidupan.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI