30.1 C
Jakarta
Saturday, April 20, 2024

Kisah-kisah Misi Tiga Suster Claretian di Amazon di Bolivia

BERITA LAIN

More
    Tiga Suster Claretian, Sr Josiane, Sr Judith dan Sr Lucía, di tempat karyanya di Amazon Bolivia. Vatican News

    AMAZON, Pena Katolik – Dalam komitmen mereka untuk mewartakan Injil kepada yang paling rentan, tiga misionaris Claretian telah mengabdikan hidup mereka untuk melayani komunitas Kristen di Vikariat Apostolik Pando di Bolivia.

    Kami adalah Religius Maria Tak Bernoda, Misionaris Claretian, hadir di Guayaramerín, Vikariat Apostolik Pando, di wilayah Amazon Bolivia. Biara kami berjarak dua blok dari Sungai Mamore, yang memisahkan kami dari Guajara-Mirim, sebuah kota Brasil di negara bagian Rondônia. Bahasa Spanyol dan Portugis dituturkan dengan lancar di perbatasan dan area komersial ini. Dan kami, Josiane (Brasil), Judith dan Lucía (Argentina), juga fasih dalam keduanya.

    Kami tiba di sini pada 12 Maret 2020. Kami tidak mengenal siapa pun, dan begitulah cara kami menghadapi pandemi virus corona. Kami bahkan tidak tahu di mana rumah sakit. Tetapi, Penyelenggaraan Ilahi sangat membantu kami, sehingga kami sekarang merasa sangat bersyukur kepada Tuhan untuk.

    Kami melakukan berbagai kegiatan, dan kerasulan kami secara luas mencakup pelayanan paroki, pelayanan pedesaan, misionaris masa kanak-kanak dan remaja, pelayanan panggilan orang muda, pelayanan keluarga, pelayanan pendidikan, serta dimensi keadilan, perdamaian dan keutuhan ciptaan. Di setiap bidang ini, kami berusaha menemani dan menjaga kerapuhan saudara dan saudari kita yang paling rentan dalam realitas perkotaan dan pedesaan.

    Tukang Parkir di jalan di sekitar Guayaramerin, Bolivia. Vatican News

    “Penjaga” Guayaramerín

    Di sini, di Guayaramerín, matahari bersinar sangat terik, itulah sebabnya orang berkeliling dengan sepeda motor berbagai ukuran dan warna. Bahkan anak-anak mengendarai sepeda motor! Orang-orang parkir di trotoar, dan di situlah “tukang parkir” muncul. Mereka adalah orang dewasa dan anak-anak miskin yang menggunakan potongan karton, yang diambil dari pasar sentral, untuk menutupi sepeda motor orang yang diparkir agar terlindung dari sinar matahari dan menjaga joknya agar tidak kepanasan. Sebagai imbalan atas layanan sederhana ini, tukang parker itu meminta “fichita”, yaitu tip kecil.

    Pada kesempatan lain, orang-orang ini dengan cerdik menggunakan potongan karton yang sama untuk mengipasi turis yang berhenti di sepanjang jalan untuk makan siang. Ini adalah cara lain bagi mereka untuk mendapatkan “fichita”, yang mereka minta dengan pesona tertentu. Kebutuhan memunculkan kerendahan hati yang kreatif. Siapa yang bisa gagal mengenali martabat manusia dan Yesus yang tersembunyi di dalam kain itu?

    Salah satu sektor yang kami kunjungi secara rutin adalah komunitas pedesaan San José, di mana keyakinan masyarakat yang tak tergoyahkan bergerak. Yang tertua di antara mereka adalah seorang lelaki tua yang duduk sendirian di kapel untuk berdoa dengan sangat keras karena dia tuli.

    Dia menghabiskan waktu yang lama mencari Tuhan dalam kesendirian. Mungkin, begitulah cara dia mencapai kedamaian dan kebijaksanaan yang dia sampaikan kepada masyarakat, karena, meskipun dia yang tidak dapat mendengar. Di lain pihak, orang-orang mendengarkannya dengan senang hati. Pria ini biasanya bersama dengan seorang lain, keduanya dermawan dan solider, dan mengajarkan orang untuk berbagi dan memberi dari kemiskinan mereka.

    Komunitas yang luar biasa ini mencerminkan rasa memiliki yang kuat terhadap Gereja Katolik. Umat bertemu setiap hari Minggu untuk berbagi Roti Sabda dan Roti Ekaristi. Mereka juga dicirikan oleh kecintaan mereka pada doa. Jelas, mereka menikmati perjumpaan dengan Tuhan.

    Dalam kunjungan terakhir kami ke sana, selama Adorasi Sakramen Mahakudus, kami menyaksikan dengan kekaguman, devosi dan semangat yang mereka anut. Dalam beberapa hal, kita bisa merasakan anugerah Tuhan, hadir dan aktif. Bagi kami berbagi dengan mereka adalah berkah.

    Lelaki tua yang sendiri di Kapel. Vatican News

    Sinodalitas dan kepedulian

    Sekarang kami telah menjadi bagian dari Amazon, kami telah menyambut, dengan semangat dan komitmen, tantangan yang diberikan Bapa Suci kepada kami sehubungan dengan merawat Rumah Kita Bersama. Karena itu kami telah membentuk komunitas kami dengan kesadaran bahwa segala sesuatu di bumi kita saling berhubungan, dan oleh karena itu, setiap tindakan dan solidaritas kami berdampak pada lingkungan sekitar kami. Setiap gerakan kecil yang dilakukan dengan cinta dapat menghasilkan banyak buah.

    Sehubungan dengan Sinode tentang Sinodalitas yang kami alami sebagai Gereja Universal, kami sangat bersemangat berpartisipasi dalam tahap mendengarkan, melalui pendampingan kami di paroki-paroki.

    Orang Muda Katolik Amazon. Vatican News

    Berfokus pada tujuan gerejawi untuk membangkitkan “perjumpaan dengan orang-orang”, kami telah dengan sabar melakukan perjalanan hingga 500 kilometer, melalui medan yang kasar dan tidak ramah. Setiap komunitas menghadirkan realitas yang unik dan menawarkan kekayaan budayanya sendiri, karakteristik yang telah mereka satukan dengan ramah dan persaudaraan dalam keharmonisan dengan Gereja.

    Selama hampir tiga tahun pelayanan di Guayaramerín, sebagai Misionaris Claretian, kami telah mengumpulkan banyak sekali pengalaman yang dibagikan kepada orang-orang dan komunitas. Itu adalah kisah sehari-hari yang tetap terukir di hati kami, hati mereka yang telah menemukan bahwa mendengarkan panggilan Tuhan adalah hal terbaik yang dapat terjadi pada kami.

    Sr. Lucia Galiccio

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI