27.1 C
Jakarta
Saturday, April 20, 2024

Orang-orang Kongo menunggu ‘kesembuhan’ dari kunjungan Paus yang akan datang

BERITA LAIN

More
    Foto papan reklame dari kota Kasindi, yang mendokumentasikan serangan hari Minggu di sebuah gereja Pantekosta

    Pena Katolik- Nuncio Apostolik untuk Republik Demokratik Kongo, Uskup Agung Ettore Balestrero, mengatakan negara itu berharap menerima kata penghiburan dari Paus Fransiskus selama kunjungannya karena kekerasan terus menghancurkan bagian-bagian Afrika Tengah.

    Sebuah serangan bom di sebuah Gereja Pantekosta di provinsi Kivu Utara, Kongo timur pada hari Minggu telah menewaskan sedikitnya 14 orang dan menyebabkan lebih dari 40 lainnya terluka. Pasukan Demokrat Sekutu (AFP), yang terkait dengan apa yang disebut Negara Islam, mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

    Dalam sebuah wawancara dengan Antonella Palermo dari Vatikan News setelah pengeboman, Nuncio Apostolik untuk Republik Demokratik Kongo, Uskup Agung Ettore Balestrero, mengatakan serangan itu mengirim sinyal yang mengkhawatirkan, “terlebih lagi karena itu menegaskan kekacauan situasi di lapangan. .”

    Damai yang diharapkan masih jauh untuk digapai

    Nuncio juga mencatat serangan itu terjadi pada hari yang sama dengan pemboman lain di pasar sentral di kota Beni, Kivu Utara. Provinsi tersebut telah “dalam keadaan terkepung selama lebih dari setahun, menunjukkan bagaimana situasi tidak hanya tidak membaik, tetapi juga memburuk,” kata Uskup Agung Balestrero.

    Uskup Agung Balestrero menambahkan bagaimanapun mereka akan mengatakan bahwa perdamaian di Timur masih jauh. Dia khawatir ADF diuntungkan dari konflik dengan kelompok M23 di selatan negara itu, sementara ikatan antara ADF dan ISIS semakin kuat.

    “Ini hanya bisa menjadi perhatian untuk keamanan regional dan terutama untuk populasi yang terus-menerus menjadi korban pembantaian terhadap mereka,” tambahnya.

    Kerjasama antar Gereja Kristen

    Ada tanda-tanda harapan, Uskup Agung Balestrero mencatat dari “kerjasama yang besar” di antara umat Kristiani di negara itu. Berbagai komunitas Kristiani bersatu dalam menunjukkan bahwa kekayaan “lapisan bawah tanah Timur” adalah akar dari konflik.

    Uskup Agung Balestrero menjelaskan, kekayaan sumber daya mineral negara itu “adalah alasan mendasar untuk kepentingan strategisnya dengan semua negara tetangga dan penyebab utama ekonomi perang yang diabadikan di wilayah Timur ini.”

    Ia juga menyoroti kerja sama ekumenis jelang kunjungan Paus pada 31 Januari hingga 3 Februari. Misalnya, dia mencatat bahwa umat Kristiani dari denominasi lain akan ambil bagian dalam pertemuan Paus dengan para pengungsi.

    “Kami berusaha bersama untuk mengiringi perkembangan demokrasi di negara ini,” katanya.

    Menyiapkan kunjungan Paus

    Upaya yang dilakukan untuk memastikan keamanan dan ketertiban umum untuk Perjalanan Apostolik mendatang sangatlah besar, kata Uskup Agung. Tujuan utama dari kunjungan tersebut adalah “untuk membangkitkan keyakinan pada mereka yang tidak memilikinya, dan untuk memperkuat kegembiraan mereka yang memilikinya.

    “Banyak orang mengatakan kunjungan Paus adalah mimpi yang menjadi kenyataan,” kata Uskup Agung Balestrero.

    Dia menambahkan dari seluruh negeri ada antisipasi untuk menerima kata penghiburan [dari Paus], dan juga penyembuhan luka yang masih berdarah, terutama di Timur. (PEN@/Sam-Christopher/VatikanNews).

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI