33 C
Jakarta
Thursday, May 2, 2024

Mengunjungi Umat, Melihat Kehidupan Keuskupan Amboina

BERITA LAIN

More
    Uskup Amboina Mgr Seno Ngutra dan Pastor Agus Arbol saat berbicara dalam pertemuan dengan perwakilan umat dari Paroki di Kota Ambon Maluku. IST

    AMBON, Pena Katolik – Setelah delapan bulan menjabat sebagai Uskup Amboina, Mgr Seno Ngutra, melakukan tatap muka dengan perwakilan umat dari berbagai paroki di Keuskupan Wilayah Kota Ambon. Selama ini, banyak perjalanan pastoral sudah ia lakukan hingga pada daerah dan atau tempat terpencil yang selama ini tidak dijamah atau disapa. Dengan cara ini, Mgr. Ino berusaha melihat perkembangan dan kehidupan umat Katolik dari dekat.

    Mgr. Ino menceritakan kunjungan pastoralnya ini saat berjumpa dengan para utusan umat dari paroki-paroki di Kota Ambon Maluku di Kompleks Goa Maria Air Louw, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, Maluku Selasa 3/1/2023. Mgr Ino mengatakan, sejak terpilih menjadi uskup, ia telah mengunjungi Pulau Seram, Pulau Buru, Wilayah Kepulauan Tanimbar, Maluku Barat Daya, Aru, Kepulauan Kei hingga Maluku Utara. Pada saat-saat kunjungan ini, ia menyaksikan kehidupan dan kerinduan umat dari dekat.

    Satu hal yang ia perhatikan dalam kunjungan ini adalah pelayanan imam di keuskupannya. Mgr. Ino melihat, perkembangan umat yang menggembirakan juga karya para imam yang setia dalam karya mereka.

    “Dari kondisi yang saya lihat ini, tentu muncul ide-ide untuk sebuah terobosan ke depan yang harus dibicarakan dan didiskusikan bersama untuk menjawab semua permasalahan dan tantangan yang dihadapi,” ujar Mgr. Ino.

    Pertemuan Mgr ino dengan para utusan se-Paroki Kota Ambon ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Keuskupan Amboina, yang dirayakan setiap 3 Januari. Kegiatan ini, merupakan yang pertama bagi Mgr Ino. Ia mengutarakan, apa yang ia lakukan merupakan kelanjutan dari uskup pendahulunya Mgr PC. Mandagi MSC.

    “Tetap harus dipahami bahwa setiap pemimpin yang baru tentunya dengan gaya kepemimpinan dan gaya pendekatan yang baru. Karena itu ada banyak hal yang ditinggalkan bapak Mgr Mandagi dan itu pasti kita teruskan dan lanjutkan tetapi juga ada hal praktis baik ditataran kebijakan maupun ditataran praktis yang memang harus diatur kembali sesuai dengan medan pastoral,”ungkapnya.

    Usai pertemuan, kegiatan dilanjutkan dengan misa syukur di gereja Santa Maria Mater Dei. Pada Misa ini, Mgr. Ino didampingi oleh sejumlah pastor, antara lain, Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Amboina, Pastor Anton Kawole, Sekretaris Uskup Amboina, Pastor Agus Arbol dan beberapa imam lain.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI