29.1 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Jenazah Paus Benediktus XVI Mulai disemayamkan di Basilika St Petrus Hari ini, Misa Requem akan Dilaksanakan Kamis

BERITA LAIN

More
    Paus Benediktus XVI dalam sebuah pertemuan dengan para Kardinal dari seluruh dunia. CNA

    VATIKAN, Pena Katolik – Vatikan mengumumkan hari Sabtu,31/12/22 bahwa Misa pemakaman Paus Emeritus Benediktus XVI akan dilaksanakan pada hari Kamis, 5 Januari 2023, pukul 9:30 pagi waktu Roma (15.30 WIB) di Lapangan Santo Petrus. Selanjutnya, setelah Misa, Paus Benediktus XVI akan dimakamkan di ruang bawah tanah di bawah Basilika Santo Petrus.

    Paus Fransiskus akan memimpin Misa Pemakaman, sesuai dengan keinginan Benediktus. Vatikan mengatakan, Misa ini “akan dilakukan dengan tanda kesederhanaan”.

    Kematian Benediktus, pada usia 95 tahun, diumumkan di Roma pada 31 Desember. Jenazahnya akan disemayamkan di Basilika Santo Petrus mulai Senin pagi, 2 Januari 2023.

    Dalam sebuah pernyataan tertulis pada pagi hari tanggal 31 Desember, Bruni berkata: “Dengan kesedihan saya memberi tahu Anda bahwa Paus Emeritus, Benediktus XVI, meninggal dunia hari ini pada pukul 9:34 di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan.”

    Bruni kemudian mengatakan kepada wartawan bahwa Benediktus XVI menerima sakramen pengurapan orang sakit pada 28 Desember, di hadapan para wanita bakti yang membantu menjalankan rumah tangganya.

    Paus Fransiskus mengunjungi Benediktus XVI pada pagi hari tanggal 28 Desember, setelah audiensi publik mingguannya, di mana dia meminta doa untuk paus emeritus yang “sakit parah”.

    Sebuah yayasan Jerman telah membuat sebuah situs web, benedictusxvi.org, di mana orang dapat menyampaikan belasungkawa mereka untuk Benediktus XVI.

    Lahir sebagai Joseph Aloisius Ratzinger, dia terpilih menjadi paus pada April 2005, mengambil nama Benediktus XVI, setelah berpuluh-puluh tahun melayani Gereja Katolik sebagai teolog, prefek Kongregasi Ajaran Iman, kardinal, dan salah satu kolaborator terdekat St. Yohanes Paulus II, yang digantikannya sebagai paus.

    Pada 11 Februari 2013, Benediktus yang berusia 85 tahun mengejutkan dunia dengan pengumuman pengunduran dirinya dalam bahasa Latin, menjadi paus pertama dalam hampir 600 tahun yang melakukannya. Dia menyebut usianya yang sudah lanjut dan kurangnya kekuatan sebagai tidak cocok untuk menjalankan jabatannya.

    Setelah pensiun pada tahun 2013, paus emeritus tinggal di Biara Mater Ecclesiae, sebuah biara kecil yang dibangun pada tahun 1994 di dalam tembok Kota Vatikan, mengabdikan dirinya pada kehidupan pertobatan dan doa.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI