30 C
Jakarta
Sunday, April 28, 2024

Pernik Natal 2022, dari Jokowi di Katedral Bogor hingga Ganjar yang Natalah di Semarang

BERITA LAIN

More
    Presiden Joko Widodo mengunjungi Katedral Beatae Mariae Virginis dalam perayaan Natal. IST

    Pena Katolik, ada beragam warna Natal tahun ini. Untuk pertama kali, Presiden Joko Widodo mengunjungi Katedral Beatae Mariae Virginis Bogor pada Minggu Natal, 25/12/2022. Di Semarang, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengunjungi Katedral Semarang dan Berjumpa Mgr. Robertus Rubiyatmoko. Berikut beberapa Pernik Natal 2022 dari beberapa daerah.

    Presiden Joko Widodo mengunjungi Katedral Beatae Mariae Virginis dalam perayaan Natal. IST

    Jokowi Natalah di Katedral Bogor

    BOGOR – Presiden Joko Widodo menghadiri langsung pelaksanaan ibadah misa hari raya Natal di Gereja Zebaoth dan Katedral di Kota Bogor, Jawa Barat, 25/12/2022. Hadir di Katedral Kota Bogor, Jokowi Sempat Menunggu 15 Menit. Ia lalu memberi di hadapan umat yang hadir.

    Vikaris Jenderal Keuskupan sekaligus Wakil Pimpinan Keuskupan Gereja Katedral Kota Bogor, mengaku terkejut saat didatangi Presiden Joko Widodo. Romo Yohanes menyampaikan, kedatangan presiden adalah kejutan pada hari raya Natal tahun ini. Ia tak pernah menyangka pelaksanaan ibadah dihadiri presiden.

    “Kami sangat surprise, sangat bahagia, bahkan banyak umat yang sungguh mengalami kebahagiaan ketika Pak Jokowi masuk (hadir di gereja) karena memang bagaimanapun juga ternyata Pak Jokowi orang yang mau dekat dengan siapapun, karena juga Pak Jokowi memberikan perhatian kepada seluruh rakyat Indonesia,” ungkap Romo Yohanes.

    Presiden menyampaikan pesan toleransi dan untuk menjaga solidaritas demi kebangktan Indonesia. Jokowi yang hadir didampingi Wali Kota Bogor, Bima Arya diberi kesempatan memberi sambutan dari atas mimbar Gereja Katedral.  Jokowi menyampaikan ucapan selamat merayakan Natal 2022.

    “Saya lihat tadi, Bapak, Ibu semuanya berkenan dan bahagia damai menyambut Natal pada pagi ini. Mari bersama-sama kita terus mempererat persaudaraan dan memperkuat lingkungan kita untuk kebangkitan Indonesia,” kata Jokowi.

    Gubernur Jateng Ganjar Pranowo merayakan Natal di Wisma Keuskupan Agung Semarang. IST

    Keliling ke Gereja-Gereja, Ganjar Senang Perayaan Natal Tertib

    SEMARANG – Pelaksanaan ibadah dan perayaan Natal di Keuskupan Agung Semarang berjalan lancar dan menyenangkan. Uskup Agung Mgr Robertus Rubiyatmoko menilai suasana itu tercipta atas kekompakan Gubernur Ganjar Pranowo serta Forkopimda Jawa Tengah.

    Hal itu diungkapkan Uskup Agung di Keuskupan Agung Semarang (KAS), di Jalan Pandanaran, Semarang, Minggu, 25 Desember 2022. Kedatangan Ganjar Pranowo ini, kata Uskup Agung, sangat dinantikan di perayaan Natal 2022 ini.

    “Kesempatan yang sangat indah dan luar biasa membuat kami senang,” ujar Uskup Agung yang akrab disapa Romo Rubi.

    Uskup Agung mengatakan, ibadah dan perayaan Natal di Jawa Tengah sampai dengan siang ini berjalan dengan baik dan lancar. Bahkan Romo Rubi menyebutkan Natal tahun 2022 terasa sangat meriah, mengesankan dan menggembirakan.

    Sementara itu, Ganjar Pranowo di pertemuan itu mengucapkan Selamat Natal pada Romo Rubi. Ia merasakan suasana pulih dari Pandemi COVID-19.

    “Jadi suasananya pasti sangat bahagia. Kami semua menyampaikan selamat Natal Mo, mudah-mudahan jadi spirit untuk bangkit dan semangat lagi tahun depan,” ucapnya.

    Dalam kesempatan itu, Ganjar didampingi Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen dan Sekda Jateng Soemarno. Turut menyertai Wakapolda Jateng Brigjen Abioso Seno Aji, Irdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Mirza Agus, Kajati Jateng, Kabinda Jateng, FKUB Jateng serta Forkopimda Kota Semarang.

    Misa Natal di Balikpapan. ISt

    Misa Natal di Balikpapan

    BALIKPAPAN – Ribuan umat Katolik Kota Balikpapan merayakan Natal bersama di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome, Rabu malam (28/12). Misa dipimpin langsung oleh Uskup Keuskupan Agung Samarinda Mgr Yustinus Harjosusanto. Tema Natal Umat Katolik se-Balikpapan tahun 2022 ini adalah Kasih Kristus Dalam Keberagaman Jalan Kita Menyongsong Ibu Kota Negara Indonesia.

    Tema ini terkait dengan tema Natal Nasional tahun 2022 yakni, Pulanglah Mereka ke Negaranya Melalui Jalan Lain. Selin itu, tema tersebut juga dilatarbelakangi oleh harapan bahwa beberapa tahun ke depan, Balikpapan akan menjadi penyangga Ibu Kota Negara.

    Perayaan Natal bersama ini pun berlangsung khidmat selama satu jam setengah. Usai misa dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah. Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor tampak hadir pada kesempatan tersebut.

    Uskup Yustinus Harjosusanto dalam sambutannya, mengucap syukur karena tahun 2022 inu boleh merayakan Natal bersama umat Katolik Kota Balikpapan. Ini merupakan yang pertama diadakan.

    “Kita jadikan ini suatu kesempatan agar tali persaudaraan semakin kelihatan dan dirasakan dengan kenyataan. Karena memang selama ini banyak yang maya, maka relasipun juga dalam dunia maya,” katanya.

    Uskup Yustinus Harjosusanto juga mengucapkan selamat Natal untuk seluruh umat Katolik Kota Balikpapan. Diharapkan, Natal tahun 2022 ini sungguh bermakna karena merayakannya bersama-sama.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI