30.2 C
Jakarta
Thursday, May 2, 2024

Keuskupan di Irlandia Merestrukturisasi Paroki untuk Mengatasi Kekurangan Imam

BERITA LAIN

More
    Mgr Dermot Farrel Uskup Agung Dublin. IST

    DUBLIN, Pena Katolik –  Keuskupan Agung Dublin telah mengumumkan akan mulai merestrukturisasi 199 parokinya menjadi 53 paroki saja di tahun baru sebagai bagian dari upayanya untuk mengimbangi dampak penurunan dan penuaan klerus. Restrukturisasi tersebut merupakan bagian dari implementasi “Building Hope”, sebuah kerangka pembaharuan pastoral di Dublin.

    Setiap kemitraan paroki baru akan menyatukan hingga lima paroki dan kemitraan akan beroperasi di bawah 15 payung dekenat di seluruh keuskupan Dublin. Sementara masing-masing paroki akan mempertahankan dewan paroki mereka sendiri, mereka akan bekerja sama dalam kemitraan mereka melalui dewan pastoral kemitraan baru.

    Dalam sebuah surat gembala Advent berjudul Waktunya Telah Tiba, Uskup Agung Dermot Farrell menjelaskan: “Dengan cara ini kita dapat menjangkau melampaui apa yang mungkin dapat difasilitasi atau dibayangkan oleh satu paroki.”

    Pastor Aquinas Duffy, pastor paroki Cabinteely, menjelaskan bahwa parokinya akan menjadi bagian dari kemitraan baru Cabinteely, Johnstown/Killiney, Ballybrack/Killiney, Loughlinstown, Sallyoggin/Glenageary, Shankill, dan Cherrywood dan akan memiliki populasi lebih dari 60.000 .

    Dia mengatakan langkah itu diperlukan karena kurangnya imam dan sukarelawan serta berkurangnya jemaat di Dublin. “Melalui kemitraan paroki, berbagai paroki berkumpul dan berbagi apa yang mereka miliki untuk beradaptasi dengan kenyataan yang mereka hadapi.” Dia menekankan bahwa setiap paroki “akan tetap independen meskipun jumlah imam berkurang dalam kemitraan itu”.

    Langkah itu dilakukan ketika Keuskupan Agung Tuam mengumumkan rencana dalam surat gembala Adven ini untuk liturgi yang dipimpin awam ketika tidak ada imam yang tersedia untuk memimpin Misa. Uskup Agung Francis Duffy mengatakan kepada umatnya bahwa “trennya menurun” dan bahwa pensiun, kesehatan yang buruk, dan begitu sedikit penggantian, berarti bahwa pelayanan pastoral harus ditata ulang.

    Secara terpisah, para uskup di Irlandia telah memutuskan untuk mempromosikan panggilan ke imamat diosesan melalui kampanye kesadaran selama setahun bertema “Ambil Risiko untuk Kristus” yang akan berlangsung dari Minggu Gembala Baik, 30 April 2023. Mereka juga sedang mendiskusikan draf norma dan pedoman nasional untuk Pelayanan Katekis awam, yang telah disiapkan oleh kelompok kerja, diketuai oleh Uskup Kevin Doran.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI