30.1 C
Jakarta
Saturday, May 11, 2024

Paus Berdoa untuk Korban Gempa di Cianjur, Gereja Katolik Terus bergerak Membantu

BERITA LAIN

More
    Reruntuhan akibat Gempa Bumi di Cianjur. IST

    JAKARTA, Pena Katolik – Di akhir Audiensi Umum hari Rabu, 23/11/2022, Paus Fransiskus menyampaikan doanya bagi para korban gempa bumi di Caianjur, Jawa Barat. Dia juga berdoa untuk perdamaian di dunia, terutama Ukraina yang dilanda perang. Ia mencatat bagaimana Piala Dunia di Qatar dapat mempromosikan harmoni dan persaudaraan.

    Paus pertama kali mengungkapkan kedekatannya dengan orang-orang di Cianjur yang dilanda gempa kuat pada 20/11/2022 yang menyebabkan lebih dari seratus kematian dan banyak lagi yang terluka. Diperkirakan 13 ribu orang telah mengungsi akibat kehancuran saat petugas penyelamat melanjutkan upaya darurat mereka. Paus berkata, ia mengungkapkan kedekatannya dengan masyarakat yang terkasih itu dan ia berdoa untuk mereka yang meninggal dan yang terluka.

    Di samping itu, Gerakan bersama Gereja Katolik masih terus berlanjut. Di hari keempat pasca gempa, Gereakan bersama Caritas Indonesia dan Caritas Keuskupan Bogor berusaha menjangkau korban di daerah-daerah yang masih belum terakses bantuan. Di samping itu, pos layanan di Gereja Paroki St Petrus Cianjur masih terus membuka pelayanan kesehatan dan dapur umum.

    Pada hari ketiga respon, telah dibuka Pos Layanan Kemanusiaan di Paroki St Petrus Cianjur. Tim ini juga terlibat dalam dapur umum di Pondok Pesantren Al Mutamainah, Sarampat Cianjur. Tim respon Gereja Katolik Indonesia juga berencana mengadakan distribusi logistik di Pondok Pesantren Al Mutamainah, Sarampat Cianjur, pada hari ini.

    Sampai tadi malam, tercatat 58362 pengungsi pasca gempa. Sementara itu, diketahui ada 1083 korban luka. Untuk korban meninggal, hingga tadi malam tercatat sebanyak 268 sedangkan ada 151 korban masih dinyatakan hilang. Untuk kerusakan material, sejauh ini tercatat ada 12.641 rumah rusak, di mana dari jumlah 2071 rumah rusak ringan dan 6.570 rusak berat.

    Caritas Indonesia bersama Caritas Keuskupan Bogor telah membuka penggalangan dana untuk mendukung penanganan gempa di cianjur. Dalam hal ini, umat Katolik dari seluruh Indonesia dapat menyalurkan bantuannya melalui rekening Caritas Indonesia di Bank BCA no rek. 2883080599 bantuan juga dapat diberikan melalui rekening Caritas Keuskupan Bogor, an PGPM Keuskupan Bogor di Bank BCA no rek. 1743339979.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI