Paus Fransiskus Mengeluarkan Dekrit Pemberhentian Kepemimpinan Caritas Internationalis, Restrukturisasi Kepemimpinan Karya Sosial Gereja

0
565
Paus Fransiskus bertemu Kardinal Tagle tahun 2015. (AFP)

VATIKAN, Pena Katolik – Dalam sebuah Dekrit yang dikeluarkan pada hari Selasa, Paus Fransiskus telah menunjuk Dr Pier Francesco Pinelli sebagai Administrator Sementara (Commissario straordinario dalam Dekrit asli) Caritas Internationalis. Keputusan tersebut juga menyebutkan Maria Amparo Alonso Escobar dan Pdt. P. Manuel Morujão, S.J., sebagai dukungan kepada Pinelli “untuk pendampingan pribadi dan spiritual karyawan”.

Selain itu dekret tersebut juga menyatakan bahwa mereka yang menjabat sebagai Presiden, Wakil Presiden, Sekretaris Jenderal, Bendahara, dan Pembantu Gereja “berhenti dari jabatannya masing-masing”. Keputusan ini termasuk pemberhentian Kardinal Luis Antonio Tagle sebagai Presiden Caritas Internationalis. Meski begitu, cardinal kelahiran Filipina itu masih akan membantu Pinelli dalam tugas-tugas yang dipercayakan kepadanya.

Caritas Internationalis, kata Paus dalam Dekrit, membantunya secara pribadi dalam pelayanannya sendiri kepada yang paling miskin dan paling membutuhkan. Caritas mengelola krisis kemanusiaan dan bekerja sama dalam menyebarkan amal ke seluruh dunia “dalam terang Injil dan ajaran Katolik. Gereja”.

Paus Fransiskus juga menjelaskan dalam Dekrit motivasinya untuk menunjuk seorang administrator sementara, dengan mengatakan langkah itu perlu untuk meninjau norma dan prosedur Caritas dan untuk membuat persiapan yang diperlukan untuk pemilihan yang ditetapkan untuk Majelis Umum berikutnya.

Menaanggapi perubahan ini, Kardinal Tagle mengatakan bahwa keputusan ini harus dilihat dengan rendah hati. Kardinal Tagle membacakan dekrit Paus ini kepada para peserta pada pertemuan pleno Caritas Internationalis di Roma yang berlangsung minggu ini.

“Keputusan Bapa Suci datang setelah studi yang cermat dan independen. Tidak ada pertanyaan tentang penyalahgunaan atau salah urus keuangan. Pekerjaan untuk orang miskin terus berlanjut.

Saat Kardinal Tagle membaca dekrit ini, peserta bertepuk tangan bagian tertentu. Mereka juga bertepuk tangan ketika Kardinal meminta komisaris baru Pier Francesco Pinelli, bersama dengan Maria Amparo Alonso Escobar, yang akan membantunya dalam posisi ini, untuk berdiri, untuk memperkenalkan mereka ke majelis.

Keputusan mengikuti proses peninjauan

Dikasteri untuk Mempromosikan Pembangunan Manusia Integral (DPIHD), Dikasteri di mana Caritas Internationalis berada, juga mengeluarkan Pernyataan Pers, menjelaskan bahwa keputusan Paus Fransiskus datang “setelah peninjauan operasi [Caritas Internationalis] oleh panel independen”. Lebih lanjut, Caritas Internationalis menjelaskan bahwa “masalah keuangan telah ditangani dengan baik dan tujuan penggalangan dana tercapai secara teratur”. Motivasi untuk mengambil langkah ini adalah untuk melayani “organisasi amal anggotanya di seluruh dunia dengan lebih baik”.

Mengapa Paus Fransiskus memberhentikan seluruh kepemimpinan badan amal Gereja di seluruh dunia pada hari Selasa? Peran apa yang akan dimainkan Pinelli sebagai administrator sementara Caritas Internationalis.

Tanggal penting untuk memahami langkah tersebut dan bagaimana hal itu sejalan dengan reformasi Paus yang lebih luas adalah pada 15 Oktober 2022. Pada hari itu, Paus Fransiskus menerima audiensi Pastor Giacomo Canobbio dan delegasi dari Bain Capital. Perusahaan investasi keuangan di mana Pinelli sebelumnya bekerja. Pastor Dan Canobbio adalah imam yang diangkat Paus Fransiskus sebagai komisaris Universitas Kepausan Lateran.

Kedua penunjukan tersebut merupakan ciri khas Paus dan modus operandi yang disukainya: Paus Fransiskus mengirimkan inspeksi atau menunjuk seorang komisaris kapan pun ia ingin mereformasi sesuatu. Tidak ada alasan yang jelas untuk mengangkat seorang komisaris untuk Caritas Internationalis, sama seperti tidak ada alasan yang jelas untuk mengangkat seorang komisaris di Universitas Kepausan Lateran.

Paus Fransiskus sebelumnya telah memerintahkan sejumlah inspeksi. Uskup Claudio Maniago diangkat menjadi inspektur Kongregasi untuk Ibadat Ilahi dan Tata Tertib Sakramen, setelah itu paus mengangkat Uskup Agung Arthur Roche sebagai prefek dikasteri yang baru. Selanjutnya, Uskup Egidio Miragoli memeriksa Kongregasi Klerus, yang masih berlangsung ketika paus menunjuk uskup Korea Lazzaro You Heung-sik, yang kemudian diangkat menjadi cardinal, sebagai prefek dikasteri.

Pada awal kepausannya, Paus Fransiskus mengangkat beberapa komisi, salah satu badan tersebut adalah komisi referensi pada struktur administrasi-ekonomi Tahta Suci, yang dikenal dengan akronim Italia COSEA. Yang lainnya adalah CRIOR, komisi untuk mempelajari reformasi Institut Karya Religi, umumnya dikenal sebagai Bank Vatikan. Pekerjaan mereka adalah menghasilkan perombakan besar-besaran pada departemen keuangan Vatikan dan statuta Institut Karya Agama. Perombakan ini diumumkan pada tahun 2019.

Namun, penunjukan seorang komisaris di Caritas Internationalis memiliki preseden lain yang jelas dilakukan pasca inspeksi Dikasteri untuk Promosi Pembangunan Manusia Integral. Inspeksi berlangsung pada Juli 2021 dan dipimpin oleh Kardinal Blase Cupich, uskup agung Chicago. Tim tersebut juga termasuk Suster Helen Alford, wakil rektor Universitas Kepausan Angelicum, anggota biasa Akademi Ilmu Sosial Kepausan; dan Pinelli, administrator Caritas Internationalis yang baru

Profil Pinelli

Pinelli adalh seorang insinyur terlatih dan manajer berpengalaman. Ia telah bekerja dengan beberapa institusi serta konsultan untuk perusahaan manajemen dan investasi. Menurut rumor Vatikan yang tidak dikonfirmasi secara resmi tetapi diberikan kepada CNA dari berbagai sumber, Pinelli juga terlibat dalam restrukturisasi apa yang sekarang disebut Dicastery for Integral Human Development.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here