33.6 C
Jakarta
Friday, April 26, 2024

Semboyan Persatuan dalam perbedaan

"kegiatan bersama ini sangat positif dan membantu menyegarkan jiwa, menyegarkan diri dan juga pikiran"

BERITA LAIN

More
    Frater Diosesan Angkatan Dua Seminari Tinggi Malang Refreshing ke Kolam Renang Dieng

    Pena Katolik, Malang – Suatu hal yang menggembirakan bahwa waktu rekreasi bagi para frater tingkat dua dapat dilaksanakan hari ini. Sudah beberapa kali direncanakan, kegiatan rekreasi sulit diwujudkan karena situasi yang kurang kondusif akibat pandemi. Pada Minggu, 13 November 2022, konsep rekreasi bersama dilaksanakan di lokasi kolam renang Dieng. Sebelum menuju lokasi, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

    Persiapan meliputi akomodasi seperti makan, pakaian ganti dan transportasi. Usai sarapan bersama, para frater tingkat dua berkumpul di kantin untuk menyiapkan nasi, lauk pauk dan sendok plastik. Semuanya bekerja bersama sehingga pada waktu pukul sembilan (keberangkatan) semua hal ini sudah siap untuk dibawa.

    Hal baru bagi otak

    Tidak hanya frater Unity In Diversity, RD Donatus Dole, pendamping angkatan tingkat dua dalam acara kegembiraan ini juga hadir. Pada kesempatan ini, kami mewawancarai Romo Don tentang kegiatan yang dilakukan para frater. Pastor Don mengatakan kegiatan bersama ini sangat positif dan membantu menyegarkan jiwa, menyegarkan diri dan juga pikiran.

    Ada banyak kegiatan yang berbeda dalam kehidupan harian, terutama kegiatan belajar dan kegiatan rohani, kegiatan ini sangat beragam. ” Ini menjadi hal yang baru bagi otak, jiwa, supaya hidup ini lebih segar,” kata Pastor Don.

    Kepribadian komuniter

    Mengenai karakter komuniter yang menjadi pondasi atau tema tahunan Seminari Tinggi Interdiosesan San Giovanni XXIII Malang, Pastor Don menawarkan suatu ide bahwa komuniter berarti persatuan.

    Orang yang memiliki watak atau jiwa untuk hidup bersama orang lain. Baik dalam arti hidup ber-“seratus tiga puluh” dalam komunitas serta memiliki visi yang sama. Perpaduan fisik dan psikis dalam kehidupan bersama adalah kepribadian komuniter.

    Selanjutnya, kegiatan bersama ini dianggap penting karena terdapat komunitas besar (seminari), angkatan, keuskupan dan unit yang masing-masing bagian memiliki penekanan yang berbeda.

    Keuskupan sebagai komunitas warga dalam keuskupan, angkaan sebagai komunitas perjuangan, unit berarti komunitas yang bersatu dalam satu kesatuan yang merupakan campuran keuskupan, tingkat dan latar belakang masing-masing individu. Setiap bagian memiliki unsur yang ingin ditonjolkan dalam kesatuan.

    Pastor Don menekankan bahwa segala sesuatu yang baik harus dilakukan, dikembangkan dan dipelihara untuk memperkuat persatuan.

    Selain itu, kami juga mewawancarai ketua tingkat, Frater Yoseph, yang menjadi salah satu penggagas acara tersebut. Kegiatan bersama ini merupakan salah satu sarana yang digunakan oleh Unity in Diversity untuk mempererat persaudaraan dalam tingkat.

    Semboyan Unity in Diversity (Persatuan dalam perbedaan) dipilih karena latar belakang dan pemikiran yang berbeda, namun keinginan untuk tetap dekat dalam persaudaraan itu.

    Selain itu, penyelenggaraan rekreasi di Kolam Renang Dieng ini dimaksudkan untuk refreshing diri oleh karena banyaknya tugas di kampus maupun di seminari.

    Kolam Renang Dieng

    Dalam acara ini, Frater Yoseph merasa senang dan terharu karena semua anggota aktif berpartisipasi dan menyambut baik acara tersebut.  Semua merasa senang dan bahagia, semua anggota hadir walaupun ada yang terlambat karena harus menyelesaikan tugas penjualan kalender liturgi. Namun, setiap anggota berusaha untuk hadir.

    Kolam Renang Dieng dipilih sebagai tempat rekreasi karena jarak antara seminari dan lokasi rekreasi cukup dekat dan sesuai budget para Frater. Ini pertama kalinya bagi angkatan dua bisa jalan bersama setelah terkendala situasi pandemi covid. Frater Yoseph juga mengatakan bahwa memang ada agenda-agenda lainnya, namun kali ini lokasi yang dipilih tidak terlalu jauh.

    Frater Yoseph juga menyampaikan pesan baik untuk angkatan dua agar selalu bersaudara dalam menjalankan panggilan, saling mendukung, saling membantu dalam segala kegiatan.

    Para frater didorong untuk bertekun dalam panggilan mereka sehingga di masa depan mereka dapat menjadi imam yang baik bagi umat. Melalui acara ini, semoga persaudaraan sebagai teman angkatan dan sahabat seperjalanan semakin erat.

    Lebih lanjut, Frater Yoseph juga mengajak jajaran angkatan lainnya yang memiliki kepentingan bersama untuk lebih mempererat persaudaraan satu angkatan sebagai rekan dalam menjalani panggilannya.

    Frater Yoseph percaya bahwa teman satu angkatan adalah orang-orang terdekat untuk dapat membantu kehidupan panggilan kita. Oleh karena itu perlu penguatan atau sarana untuk memperat melalui kegiatan bersama seperti ini.

    Reporter: Fr. Fransesco Agnes Ranubaya & Fr. Valentino Lafdy

    Narasumber: RD. Donatus Dole & Fr. Yoseph

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI