33.3 C
Jakarta
Saturday, May 4, 2024

Demonstrasi Anti Jilbab Berlanjut di Iran

BERITA LAIN

More
    Seorang perempuan satu peserta demonstrasi anti jilbab di Iran. UCA News

    TEHERAN, Pena Katolik – Protes yang dipicu kemarahan atas kematian Mahsa Amini yang masih berusia 22 tahun pada 16 September 2022 masih terus berlanjut di Teheran dan kota-kota lain di Iran. Amini meninggal tiga hari setelah dia ditangkap oleh polisi moral Iran yang terkenal kejam. Peristiwa ini telah memicu gelombang protes jalanan dan kekerasan terbesar yang terlihat di negara itu selama bertahun-tahun.

    Para wanita muda berada di garis depan protes, meneriakkan slogan-slogan anti-pemerintah, melepas jilbab mereka, dan berhadapan dengan pasukan keamanan di jalan-jalan. Saat ini, Pemerintah memblokir akses ke layanan internet dan platform seperti Instagram dan WhatsApp. Namun, padaaktivis terus mengeluarkan seruan online dalam jumlah besar untuk protes pada hari Sabtu 15 Oktober 2022.

    Mereka telah meminta orang-orang di seluruh Iran untuk muncul di tempat-tempat di mana pasukan keamanan tidak hadir dan meneriakkan “Matilah diktator”, seruan yang jelas ditujukan untuk pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei.

    “Kita harus hadir di alun-alun karena VPN terbaik saat ini adalah jalanan,” kata demonstran.

    Wanita pemberani Iran

    Sejauh ini, sedikitnya 108 orang tewas dalam protes Amini. Selain itu, sedikitnya 93 lainnya tewas dalam bentrokan terpisah di Zahedan, ibu kota provinsi tenggara Sistan-Baluchestan. Jumlah korban ini dilaporkan kelompok Hak Asasi Manusia Iran yang berbasis di Oslo.

    Kerusuhan terus berlanjut meskipun apa pemerintah dan pihak keamanan melancarkan apa yang disebut “penumpasan brutal yang tak henti-hentinya” yang mencakup yang menyebabkan kematian sedikitnya 23 anak di bawah umur. Tindakan keras berdarah telah menarik kecaman internasional dan sanksi baru terhadap Iran dari Inggris, Kanada dan Amerika Serikat.

    Pemimpin tertinggi Iran menuduh musuh negara itu, termasuk Amerika Serikat dan Israel, mengobarkan kerusuhan. Pada hari Jumat, pemerintah Khamenei mengutuk Presiden Prancis Emmanuel Macron atas pernyataan di mana ia menyatakan solidaritas dengan protes yang dipicu atas kematian Amini.

    Menanggapi seruan untuk protes baru, salah satu badan revolusioner utama Iran, Dewan Koordinasi Pembangunan Islam, telah mendesak orang-orang untuk bergabung dengan demonstrasi tandingan setelah sholat magrib pada hari Sabtu untuk mengungkapkan kemarahan revolusioner mereka terhadap hasutan dan perusuh.

    Aparat keamanan melakukan kampanye penangkapan massal yang menjaring aktivis muda, jurnalis, mahasiswa, bahkan anak di bawah umur. Anak-anak sekolah telah ditangkap di dalam ruang kelas dan berakhir di pusat psikologis, kata Menteri Pendidikan Yousef Nouri minggu ini.

    Dalam pertanggungjawaban yang jarang terjadi, departemen kepolisian Teheran mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka akan menyelidiki perilaku seorang petugas menyusul tuduhan pelecehan selama penangkapan seorang wanita yang memprotes kematian Amini. Itu terjadi setelah sebuah video menunjukkan seorang petugas pria muncul untuk meraba-raba wanita itu dari belakang saat menangkapnya sebelum dia akhirnya diizinkan pergi.

    Beberapa suara dukungan untuk para pengunjuk rasa datang dari dalam negeri. Dalam sebuah surat terbuka yang diterbitkan di halaman depannya Kamis, 13 Oktober 2022, surat kabar reformis Etemad meminta pejabat tinggi keamanan Iran, Ali Shamkhani, untuk menghentikan penangkapan yang dilakukan dengan dalih “palsu”.

    Pihak berwenang Iran telah mengorganisir aksi unjuk rasa mereka sendiri yang dihadiri oleh wanita yang mengenakan cadar hitam pakaian yang menutupi kepala dan tubuh mereka. Sebuah upaya untuk menunjukkan bahwa mereka mendapat dukungan dari wanita terkenal terungkap dalam semalam setelah montase foto puluhan orang yang mengenakan jilbab menghilang dari papan reklame Teheran dalam waktu 24 jam setelah didirikan karena menampilkan beberapa tokoh yang dikenal menentang jilbab.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI